Asem-asem Segar, Resep Ikan Patin ini Cocok Untuk Berbuka Puasa!

Tandaseru – Buka puasa pasti akan lebih menyenangkan jika makan santapan yang nikmat dan menggugah selera. Nah, resep asem patin segar ini akan cocok untuk jadi pilihan menu berbuka puasa kali ini agar acara santap bersama keluarga lebih meriah!

Jika biasa makanan berbuka itu yang goreng atau panggang, kali ini bisa pilih menu buka puasa yang berkuah segar. Pasalnya, makan menu satu ini bukan hanya mengenyangkan tapi juga bisa menghilangkan dahaga dan menghangatkan tubuh.

Rasa asem patin belimbing wuluh ini bisa sangat mengejutkan dengan pepaduan kelembutan daging ikan dengan kuah yang dijamin bikin ketagihan.

Biar resep asem patin segar ini sempurna, perhatikan bahannya ya!

Persiapkan sejumlah bahan seperti 2 ekor ikan patin, bersihkan sisiknya dan potong-potong, 1 buah jeruk nipis, untuk bumbu kasar siapkan 2 batang serai yang di memarkan, 5 lembar daun jeruk dan 3 buah tomat hijau yang masing-masing dipotong jadi 4 bagian.

Lalu, 3 buah tomat merah yang juga masing-masing dipotong jadi 4 bagian, 7 buah belimbing wuluh, 4 batang daun bawang sudah dipotong-potong, 10 buah cabai rawit utuh dan air secukupnya.

Untuk bumbu halus, siapkan 5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 2 ruas kunyit, 2 ruas lengkuas, 3 ruas jahe, 1 sdt ketumbar dan garam secukupnya.

Jika bahan lengkap, langsung ke cara pembuatannya yuk!

Langkah pertama lumuri ikan terlebih dahulu menggunakan jeruk nipis, lalu biarkan kurang lebih 15 menit kemudian bisa langsung dibilas sampai bersih.

Jika sudah, tumislah bumbu halus yang sudah disiapkan tadi sampai beraroma harum, lalu masukkan bumbu kasar yang juga sudah disiapkan dan tumislah kembali bumbu sampai benar-benar matang.

Selanjutnya, masukkan ikan serta aduk-aduk sampai semua bahan tercampur bersama bumbu. Lalu, masaklah sampai ikan berubah warna, kemudian tuangkan air secukupnya, agar lebih enak biasanya hingga ikan terendam.

Biarkan sampai mendidih, lalu masukkan gula dan garam secukupnya. Masukkan juga daun bawang, tomat beserta belimbing wuluh, kemudian masak lagi sampai sedap, dan matikan api.

Setelah semua selesai, resep asem patin segar sudah siap untuk disajikan bersama dengan nasi hangat agar menyantap bersama keluarga saat berbuka puasa lebih menyenangkan!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -