Masak Ayam Betutu Kuah di Rumah? Siapa Takut

Tandaseru – Makanan dengan bumbu khas Indonesia selalu berhasil menggugah selera. Salah satunya resep ayam betutu kuah asal Bali ini!

Jika membahas santapan nusantara memang tidak ada habisnya, kaya akan rempah dan pastinya membuat Anda tergiur mencicipinya.

Salah satu bahan yang mudah dan bisa diolah menjadi beragam makanan seperti ayam, tentu tidak akan jadi masalah jika membuatnya sendiri di rumah.

Kali ini masakan khas Bali yang akan dicoba, ayam betutu kuah ini terdiri dari aneka bumbu dan punya proses masak yang cukup lama, itulah yang membuat ayamnya terasa lembut dan bumbunya meresap.

Bahan apa saja untuk resep ayam betutu kuah?

Persiapkan bahan utamanya 1 ekor ayam pejantan atau ayam kampung potong-potong (tanpa kepala dan ceker), lalu 1/2 buah jeruk nipis, 1/2 sdt garam, 2 lembar daun salam dan 2 lembar daun jeruk

Kemudian siapkan 1 sdt terasi bakar, 1/2 sdt merica, 1/2 sdt ketumbar bubuk, 1/2 sdt kunyit bubuk, 2 sdm air asam, 1 sdt gula merah sisir, 50 ml santan, 500 ml air panas dan minyak untuk menumis

Jangan lupa bahan untuk bumbu yang dicincang kasar terdiri dari, 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 2 batang sereh ambil putih dan 50 gram cabe rawit merah.

Lalu ada 5 buah cabe keriting, 5 buah kemiri sangrai, 2 cm lengkuas, 2 cm jahe dan juga 2 ruas kencur

Ilustrasi

Langkah pembuatannya pun mudah dipraktikkan!

Pertama, pasti bersihkan ayamnya terlebih dahulu, kemudian langsung dilumuri dengan menggunakan garam dan juga jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit. Barulah dicuci bersih kembali.

Sementara menanti ayam betutu didiamkan, Anda bisa mengerjakan bahan lainnya, yaitu dengan mencincang kasar seluruh bumbu yang memang untuk dicincang kasar.

Kemudian tumis semuanya hingga wangi dan berubah warna, kemudian campurkan juga kunyit, ketumbar, merica, daun salam, daun jeruk, dan terasi bakar secara bersamaan.

Setelah selesai ditumis, baru masukkan potongan ayam yang sudah didiamkan tadi, aduklah merata. Masaklah hingga ayamnya berubah warna, kemudian masukkan air panas.

Cukup gunakan api kecil saja, lalu tutup wajannya. Setelah air cukup menyusut kurang lebih 45 menit, baru tambahkan santan, air asam, gula dan garam, kembali aduk rata.

Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya. Setelah merasa sudah pas, masak kembali hingga bumbunya benar-benar menyerap dan airnya menyusut lagi, baru diangkat.

Terbayang kuah yang cukup kental dengan ayam betutu yang lembut, pasti nikmat saat disantap hangat bersama nasi. Mudah bukan resep ayam betutu kuah tersebut?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait