Dijamin Ngeces, Masak Ayam Goreng Sambal Lombok Sendiri di Rumah!

Tandaseru – Olahan makanan yang terbuat dari bahan utama ayam memang sudah banyak dan enak-enak. Salah satunya resep ayam goreng sambal Lombok yang pasti bikin ngiler deh!

Perpaduan antara ayam dengan sambal memang selalu jadi andalan bagi setiap keluarga yang menyukai masakan pedas. Nah, resep satu ini bisa jadi pilihan agar menu olahan ayam Anda dan keluarga di rumah semakin beragam.

Sambal lombok yang dipadukan dengan ayam goreng akan menghadirkan cita rasa yang gurih dan pastinya bikin ketagihan siapa saja yang mencicipinya. Tidak perlu beli di restoran mahal kan jadinya?

Bahan resep ayam goreng sambal lombok ini mudah didapat!

Siapkan bahan utama yaitu 1 kg ayam potong yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong, kemudian siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 batang serai dimemarkan, 3 lembar daun jeruk, garam dan gula secukupnya.

Setelah itu siapkan bumbu halus 5 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 3 buah tomat hijau, 10 buah cabai hijau, 10 buah cabai rawit hijau, 3 butir kemiri, 3 cm jahe dan juga 2 cm kunyit.

Untuk cara memasaknya mudah juga!

Langkah pertama, lumuri ayam menggunakan air jeruk serta garam. Kemudian, bilaslah hingga bersih setelah didiamkan selama 30 menit.

Selanjutnyam gorenglah ayam bisa hingga garing atau tidak sesuai dengan selera, lalu sisihkan setelah matang.

Pada wajan lainnya, tumislah bumbu halus yang sudah disiapkan sampai beraroma harum, lalu masukkan daun jeruk, disusul dengan tomat yang telah dihancurkan dan juga serai.

Kemudian, masukkan juga gula serta garam secukupnya. Lalu, aduklah sampai larut semua bahannya dan masukkan ayam tadi.

Aduklah merata bersama bumbunya. Jangan lupa juga untuk tes rasa, jika kurang gurih bisa tambahkan garam, nah saat sudah terasa sedap, bisa langsung matikan apinya.

Setelah semua selesai, bisa langsung disajikan dan bisa disantap bersama nasi hangat. Jangan lupa lalapannya jika suka. Mudah banget kan membuat resep ayam goreng sambal Lombok sendiri di rumah?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id