Kue Tradisional itu Susah? Coba Buat Kue Balapis Manado Dulu

Tandaseru – Kue-kue tradisional memang memiliki citarasa tersendiri, salah satunya resep balapis Manado ini yang punya tekstur khas dan nikmat!

Banyak orang menghindari membuat kue atau jajanan tradisional karena sulit membuatnya, padahal banyak kue tradisional yang tidak terlalu rumit, salah satunya kue balapis ini.

Balapis merupakan salah satu kue khas Manado dengan tekstur lembut tapi padat, jika dilihat sekilas tampilannya seperti kue lapis legit. Umumnya, kue balapis berwarna alami pandan atau hijau dan cokelat.

Karena enak dan tak banyak orang yang membuatnya, kue ini bisa juga dijual jadi tak hanya untuk dinikmati sendiri, di Manado sendiri, kue ini mudah ditemui.

Bahan membuat resep balapis Manado!

Untuk bahan lapis pandan siapkan, 100 ml air pandan yang dibuat dari 100 air mineral ditambah 12 lembar daun pandan dan ditambah 12 lembar daun suji yang diblender dan saring, 850 ml santan dengan kekentalan sedang, 250 gr tepung terigu, 200 gr gula pasir, 1/4 sdt garam

Sedangkan untuk bahan lapis cokelat siapkan, 50 gr bubuk cokelat cairkan dengan 100 ml santan cair, 850 ml santan dengan kekentalan sedang, 250 gr tepung terigu, 200 gr gula pasir, 1/4 sdt garam

Langkah pembuatannya sederhana!

Tidak perlu langkah yang terlalu rumit untuk membuat balapis ini, pertama campurkan bahan lapis pandan ke dalam wadah sampai licin tanpa gumpalan, lalu sisihkan.

Kemudian, lakukan hal yang serupa untuk lapisan cokelatnya, lalu sisihkan. Setelah itu barulah siapkan kukusan, dan panaskan sampai uap kukusannya keluar.

Selanjutnya, oleskan loyang menggunakan sedikit minyak agar tidak lengket saat kue balapis jadi dan berilah alas daun pisan atau boleh juga plastik pada bagian dasar loyang.

Bagian yang perlu diperhatikan adalah cara mengukusnya, tuangkan adonan cokelat 150 ml, lalu kukus kurang lebih 5 hingga 7 menit, kemudian tuangkan adonan pandan dengan jumlah yang sama.

Kembali kukus 5 sampai 7 menit, dan terus lakukan hal tersebut secara bergantian sampai seluruh bahannya habis. Setelah sampai pada lapisan terakhir, kukuslah selama 30 menit.

Jika sudah matang, langsung keluarkan kue balapis Manado tersebut dari kukusan dan dinginkan. Jangan lupa potong kue saat keadaannya sudah dingin.

Resep balapis Manado di atas mudah bukan? Paling nikmat menyantap balapis Manado sambil minum teh atau kopi di sore hari!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait