Resep Bandrek Khas Sunda Siap Hangatkan Malam Hari Anda

Tandaseru – Bandrek merupakan minuman sehat asal Sunda yang berkhasiat untuk menghangatkan badan dan cocok sekali diminum di saat cuaca dingin di malam hari. Resep bandrek khas Sunda ini cukup mudah untuk Anda buat saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

Minuman rempah ini sudah terkenal di mancanegara loh, karena khasiatnya untuk menghangatkan dan membuat tubuh menjadi rileks.

Dengan komposisi dasar jahe, kayu manis, dan cengkeh, bandrek dapat dibuat bening saja atau ditambahkan susu agar lebih manis.

Minuman hangat tradisional ini identik dengan pedasnya jahe dan aroma kayu manis. Yuk cobain resep bandreknya,  pasti nagih!

Bahan bahan resep bandrek

Bahan utama yang harus kita siapkan yaitu 1 liter air matang, 250 gram gula merah (iris halus),½ sdt garam halus, dan 1 batang serai (memarkan).

Kemudian 1 ruas jahe (bakar dan memarkan), 5 butir cengkeh, 5cm kayumanis, dan 2 lembar daun pandan (kira kira 20cm,ikat simpul).

Bahan pelengkapnya terdiri dari susu kental manis dan daging kelapa muda

Cara praktis membuat bandrek yang bisa hangatkan tubuh

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah rebus air yang telah disiapkan lalu masukkan gula merah, serai, jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh dan garam.

Kemudian masak dan didihkan bahan-bahan tersebut hingga harum. Setelah mendidih dan air bandrek harum, saring.

Jika ingin lebih enak, Anda bisa tambahkan daging kelapa muda yang dikeruk ke dalam bandrek atau susu kental manis sesuai selera.

Sentuhan terakhir, tuangkan air bandrek kedalam gelas. Nah resep bandrek khas sunda sudah jadi deh.  Selamat mencoba!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait