Bikin Camilan Biji Ketapang yang Renyah dan Empuk untuk Keluarga Yuk!

Tandaseru – Saat berkumpul dengan keluarga, rasanya kurang asyik jika tidak ditemani camilan. Nah, untuk itu buat camilan sederhana yang renyah yuk. Resep biji ketapang bisa Anda coba di rumah, loh!

Ada banyak variasi kue biji ketapang, tapi yang akan kita coba adalah biji ketapang yang biasa disajikan. Membuat biji ketapang juga tidak terlalu sulit, bahan bahannya pun mudah dibeli di pasar.

Nah, bagi Anda yang punya waktu luang dan berniat untuk membuatnya sendiri di rumah, simak resepnya di bawah ya.

Bahan bahan resep biji ketapang

‌Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah buah kelapa setengah tua sekitar 150 gram yang sudah diparut agar hasilnya lebih renyah.

Kemudian pilih tepung terigu yang kadar proteinnya sedang, sebanyak 400 gram (ayak tepung agar benar-benar halus).

Sediakan 1 butir telur ayam, 150 gram gula pasir, dan 100 gram margarin dengan kualitas terbaik. Lalu vanili secukupnya, 1 sendok garam beryodium1 dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuat biji ketapang empuk dan renyah

Tahap awal yang harus Anda lakukan adalah pecahkan 1 butir telur ayam dan masukan ke dalam wadah. Kocok sampai rata, lalu masukkan 150 gram gula pasir, 1 sendok teh garam dapur dan vanili secukupnya.

Selanjutnya, campurkan ketiga bahan tadi dengan kocokan telur sampai benar benar tercampur rata.

Kemudian ambil satu wadah lagi dan masukkan 400 gram tepung terigu dan 150 gram kelapa parut. Campurkan wadah kedua ke dalam adonan wadah pertama.

Lalu campur semua bahan sampai rata, dan masukkan 100 gram margarin ke dalam adonan utama. Aduk menggunakan tangan atau di uleni hingga kalis.

Setelah itu, bentuk adonan bulat memanjang (seperti betuk spidol). Potong adonan tadi kecil kecil dengan agak serong.

Jika sudah dipotong semua, maka panaskan minyak ke dalam wajan dengan api sedang. Masukkan adonan biji ketapang secukupnya dan goreng sampai matang berwarna coklat muda atau kuning keemasan. Ulangi sampai semua adonan habis.

Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan ide variasi biji ketapang dengan ditambahkan keju agar semakin renyah, empuk, dan gurih.

Nah, tidak terlalu sulit kan membuat resep biji ketapang yang enak untuk camilan? Selain untuk mengisi kesibukkan, siapa tahu ada teman, keluarga atau tetangga yang tertarik membeli atau mencobanya. Bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menambah penghasilan loh?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait