Bolu Marmer Kesukaan Bunda, Cocok Sebagai Hidangan Arisan dan Pengajian

Tandaseru – Siapa yang rindu dengan bolu marmer atau kue jadul? Kue marmer biasanya disajikan sebagai pengisi snack boks disaat arisan atau pengajian. Resep bolu marmer termasuk mudah dibuat, loh!

Kita coba bikin kue marmer dengan menggunakan 4 telur yuk. Hal yang perlu diperhatikan saat membuat kue ini adalah pemilihan mentega dan margarin agar aroma wanginya semakin terasa.

Penasaran bagaimana cara membuat kue yang lezat ini? Ini dia resep lengkapnya.

Bahan-bahan resep bolu marmer

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 4 butir telur ayam ukuran besar, 235 g mentega (kita gunakan campuran margarin dan sedikit mentega) dan 180 g tepung terigu serbaguna.

Kemudian 20 g tepung maizena, 20 g susu bubuk, 1 sdt baking powder, 1/2 sdt garam, 200 g gula bubuk, 5 sdm susu cair, 1 sdt vanilla, dan 2 sdm cokelat bubuk yang kualitasnya bagus.

Cara membuat kue marmer yang mudah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah panaskan oven 160 derajat C, lalu olesi loyang berdiameter 20 cm dengan mentega dan taburi tepung terigu secukupnya, sisihkan.

Kemudian campur tepung terigu, tepung maizena, baking powder, susu bubuk, dan aduk hingga rata. Lalu diayak, sisihkan

Selanjutnya, kocok mentega dengan mixer hingga lembut dan pucat. Kemudian masukkan gula bubuk sedikit demi sedikit, sambil terus dikocok hingga lembut dan warnanya menjadi kuning pucat.

Masukkan telur satu persatu, kocok hingga lembut. Setelah adonan tercampur rata baru tambahkan kembali satu butir telur dan kocok kembali sampai rata, begitu seterusnya hingga semua telur masuk ke dalam adonan.

Setelah itu, masukan vanila dan garam lalu teruskan mengocok hingga rata. Jika sudah merata sempurna, matikan mikser, masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit dan selingi dengan susu cair.

Aduk adonan pelan-pelan menggunakan spatula hingga rata. Hati-hati jangan terlalu lama mengaduknya.

Selanjutnya bagi dua adonan, taburkan dan aduk rata bubuk cokelat dengan salah satu adonan, lalu tuang 2/3 adonan putih lebih dulu ke dalam loyang dan ratakan dengan cara menggoyang-goyangkan loyang, perlahan saja.

Tuangkan 2/3 adonan yang menggunakan cokelat di tengah-tengah loyang, lalu tuang sisa adonan putih di bagian atasnya.

Terakhir tambahkan sisa adonan cokelat di samping bagian yang putih. Lalu pelan-pelan buat bentuk marble dengan menggunakan garpu atau sumpit di bagian atasnya saja.

Setelah itu, panggang adonan kue marmer hingga berwarna cokelat keemasan, selama kurang lebih 40 menit.

Jika sudah matikan oven, biarkan dulu kue di dalam loyang hingga agak dingin, keluarkan dari oven dan keluarkan dari cetakannya.

Setelah matang, lalu kita sajikan hangat hangat dengan ditemani kopi dan teh bersama keluarga kecil kita.

Semoga resep bolu marmer yang lezat diatas bermanfaat. Selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait