Buat Bukaan, Masak Cake Jelly Coklat Praktis ini Aja!

Tandaseru – Berbukalah dengan yang manis seperti lihat foto pasangan. Tentu itu tidak bisa membatalkan puasa, yuk coba resep cake jelly coklat ini, bisa tanpa oven loh!

Sudah jadi kebiasaan jika berbuka puasa itu dengan santapan yang manis, ada banyak makanan manis yang pernah dibahas sebelumnya.

Kali ini, coba buka puasa dengan kue atau cake dengan bahan dasar nutrijell cokelat atau agar-agar jelly yang biasanya hanya buat puding.

Menariknya, cara pembuatan dari cake ini tidak ribet, dan jika tidak memiliki oven Anda bisa mengukus cake tersebut. Teksturnya yang lembut pasti membuat Anda ketagihan.

Bahan apa saja yang dibutuhkan di resep cake jelly coklat?

Persiapkan terlebih dahulu 5 butir telur, 100 gr gula pasir dan boleh ditambahkan jika senang manis, 1 sachet nutrijell cokelat atau 15 gr jelly coklat, 80 gr tepung terigu serba guna, 30 gr cokelat bubuk, 20 gr susu cokelat bubuk dan 100 gr margarin yang dicairkan.

Ilustrasi

Kemudian cara pembuatannya!

Tidak perlu rumit untuk membuat cake jelly satu ini, pertama mixer telur beserta gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga berwarna putih, mengental dan berjejak selama 15-20 menit.

Saat sudah mengental dan berjejak, tambahkan jelly nutrijell, kembali mixer dengan kecepatan yang rendah, kemudian masukkan tepung terigu, cokelat bubuk sekaligus susu bubuk, dan aduk rata kembali, tapi jangan sampai over mix.

Setelah itu, masukkan margarin yang telah dicairkan, lalu aduk lipat dengan spatula. Pastikan tak ada adonan cake jelly yang mengendap. Baru setelah itu, tuangkan adonan dalam loyang yang telah diolesi margarin tipis.

Kemudian, panggang dalam oven sekitar 30 menit menggunakan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit, lalu turunkan suhunya jadi 160 derajat celcius selama 15 menit atau sampai matang.

Jika tidak memiliki oven, bisa dengan cara mengukusnya, jika tidak memiliki alat temperatur bisa Anda perkirakan di awal menggunakan api yang besar, kemudian dikecilkan. Setelah itu, lakukan tes tusuk, apabila tidak ada yang menempel, maka cake bisa diangkat.

Selanjutnya, keluarkan cake jelly dari loyang, lalu biarkan dingin di atas rak pendingin. Setelah dingin, potong-potong agar lebih mudah dinikmati bersama teh hangat saat berbuka.

Tapi resep cake jelly coklat ini bisa Anda lengkapi lagi dengan topping lelehan cokelat atau bisa juga dengan taburan meses warna-warni di atasnya, sesuai selera.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait