Kue Tradisional Solo? Coba Masak Carang Gesing Deh

Tandaseru – Masak camilan tradisional tentu menyenangkan karena selain memiliki cita rasa yang khas, membuatnya pun mudah, seperti resep carang gesing ini!

Mungkin Anda akan asing mendengar camilan tradisional bernama carang gesing. Makanan tersebut merupakan menu tradisional khas Solo, Jawa Tengah.

Terbuat dari bahan dasar pisang dan campuran santan serta telur, membuat tampilannya seperti puding roti atau mungkin schotel untuk makanan asinnya.

Tapi, biasanya carang gesing dimasak menggunakan bungkusan daun pisang saat dikukus. Kali ini, agar lebih mudah bisa juga menggunakan wadah tahan panas. Hasilnya pun tetap enak, ingin tahu bagaimana rasa dan cara membuatnya?

Bahan membuat resep carang gesing!

Persiapkan 5 buah pisang matang ukuran sedang, 1 butir telur, 2 sdm gula palem, 150 ml santan, 3 buah kurma yang dipotong-potong tapi bisa diganti dengan kismis, sejumput garam dan daun pandan.

Ilustrasi

Langkah pembuatan camilan ini sangat mudah!

Pertama-tama, dengan bahan sederhana carang gesing ini, kocoklah terlebih dahulu telur, gula dan garam dalam satu wadah. Lalu tambahkan santan ke dalamnya, dan aduk rata kembali, kemudian sisihkan.

Setelah itu, potong-potong pisang yang tadi disiapkan sesuai selera, boleh dipotong berbentuk bulat, boleh juga dipotong menyerong.

Kemudian, masukkan potongan pisang tersebut pada wadah lainnya, masukkan larutan gula dan santan tadi, kembali aduk merata.

Selanjutnya, tempatkan carang gesing dalam wadah tahan panas atau alumunium foil juga bisa. Tapi jika Anda lebih senang tampilan tradisionalnya carang gesing, Anda bisa membungkusnya dengan daun pisang.

Lalu, taburi carang gesing dengan potongan kurma atau kismis serta potongan daun pandan di atasnya. Jika Anda memilih membungkusnya, taburan itu bisa di masukkan sebelum dibungkus rapat.

Jika sudah semua, kukus carang gesing selama 25 menit atau hingga matang sempurna. Baru setelah itu bisa diangkat dari kukusan dan disajikan saat dingin.

Nah, mudah bukan memasak resep carang gesing ini? Karena terbuat dari pisang maka rasanya tentu manis dan tekstur yang cukup lembut, akan nikmat jika disantap saat berbuka puasa Ramadhan nanti!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait