Mau yang Manisnya Pol? Buat Minuman Cendol Labu Aja

Tandaseru – Minuman segar bisa dinikmati kapan saja, salah satu yang praktis dibuat dan tidak biasa adalah resep cendol labu yang mudah dan sederhana!

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan manis dan menyegarkan satu ini? Cendol atau juga dikenal dengan sebutan dawet ini biasa berwarna hijau.

Biasanya, warna khas cendol itu didapatkan dari daun suji dan pandan. Tapi resep cendol kali ini berwarna kuning yang tak biasa.

Cendol tersebut memang paling segar jika dinikmati saat siang hari untuk melepas dahaga, selain enak, cendol dengan bahan dasar labu ini juga pastinya sehat.

Siapkan bahan utama membuat resep cendol labu!

Resep cendol labu kuning ini memang mudah dan sederhana, pertama dapatkan bahan berupa 1 bungkus jelly tanpa rasa, 400ml air dan 180gr labu madu atau pumpkin butternut yang telah dikukus, lalu dihaluskan adan disaring hingga halus.

Kemudian siapkan 3sdm tepung kanji, 2sdm tepung beras, 1sdm gula pasir serta bahan pendamping berupa susu almond secukupnya, tapi jika tak suka susu cair biasa juga tak masalah, canberries dan kismis secukunya.

Mengolah resep cendol labu ini pun praktis!

Langkah pertama campurkan terlebih dahulu seluruh bahan utama yang telah disiapkan dengan merata, kemudian masak menggunakan api berukuran sedang.

Jangan lupa saat memasaknya, aduklah sesekali agar campuran tersebut tak gosong di bagian bawahnya. Lalu, tunggu sampai jadi kental dan warnanya berubah lebih pekat.

Jika Anda mengaduknya maka bisa terlihat dasar dari wajan yang digunakan. Saat itu pula waktunya Anda angkat dan sisihkan.

Setelah itu, sediakan baskom dengan  isi es serta air dingin. Lalu, cetaklah cendol menggunakan cetakan cendol yang banyak dipasaran atau bisa juga pakai plastik segitiga.

Selanjutnya, diamkan dalam lemari pendingin sekitar 20 sampai 30 menit lamanya, sebelum nanti dicampurkan dengan bahan pelengkap lainnya, agar cendol punya tekstur lebih padat.

Kemudian, tiriskan cendol dari air dingin, lalu sajikan dalam gelas saji dengan tambahan segelas susu almond atau boleh susu favorit Anda lainnya. Lalu, beri topping canberries serta kismis sebagai pemanis.

Mudah sekali bukan resep cendol labu tersebut? jika masih kurang menarik, bisa kok gabungkan antara cendol berwarna hijau dan kuning agar menampilkan warna yang cantik pada gelas saji.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait