Kenyal-kenyal Nikmat, Masak Choi Pan Khas Pontianak ini Aja!

Tandaseru – Serupa dengan dimsum, makanan satu ini punya rasa serta tekstur yang unik. Resep choi pan khas Pontianak ini bisa buat Anda ketagihan loh!

Choi pan atau disebut juga chai kue merupakan kuliner gurih yang lembut khas dari Pontianak, Bangka Belitung dan Singkawang.

Makanan tersebut diperkenalkan oleh penjual turunan Tionghoa. Biasanya berbentuk setengah lingkaran, dibuat dengan campuran tepung beras serta sagu.

Supaya semakin lezat, choi pan biasa diberi beragam isian seperti bengkuang, talas, pepaya muda dan kucai kemudian dikukus atau digoreng.

Untuk choi pan khas Pontianak umumnya menggunakan isian bengkuang yang diiris tipis memanjang seperti batang korek api, ebi dan diberi taburan bawang putih goreng di atasnya.

Sementara, di Bangka Belitung choi pan diberi isian daun pepaya muda yang disajikan tanpa bawang putih. Untuk mencicipi hidangan gurih bertekstur kenyal ini, tak perlu pergi ke Pontianak.

Buat saja sendiri di rumah pakai resep choi pankhas Pontianak yang ada di bawah ini.

Bahan yang perlu disiapkan dalam resep choi pan apa saja ya?

Pertama siapkan bahan untuk kulit, yaitu 100 gram tepung beras, 2 gram sagu atau tapioka, 125 ml air hangat dan 3 sdm minyak sayur.

Lalu siapkan bahan untuk isian, yaitu 200 gram bengkuang yang diserut tipis, 20 gram lobak yang diiris halus dan 1 siung bawang putih yang dicincang halus.

Selanjutnya, siapkan 50 gram ebi yang direndam air, ditiriskan, lalu dicincang, garam, lada, kaldu jamur secukupnya serta minyak sayur secukupnya.

Siapkan bahan pelengkapnya juga berupa 6 siung bawang putih dicincang halus, lalu goreng dan 100 ml minyak sayur.

Memasak resep choi pan ini mudah loh!

Langkah pertama dalam membuat resep choi pan ini adalah membuat isiannya, pertama panaskan minyak, kemudian tumis bawang putih sampai harum.

Setelah itu, masukkan bengkuang, lobak, ebi, merica serta garam. Kemudian, aduk sampai rata dan tunggu hingga sayuran layu, angkat dan sisihkan.

Selanjutnya, membuat kulit dengan cara mencampurkan seluruh bahan kecuali air. Kemudian, masukkan air secara perlahan-lahan sambil terus diuleni sampai jadi kalis.

Jika sudah, ambillah sekitar 2 sdm adonan kulit tadi, lalu bentuk bulat, kemudian pipihkan. Selanjutnya, masukkan sedikit bahan isiannya tepat di tengah kulit.

Kemudian, lipatlah membentuk bulan sabit, dan tekan pada bagian tepinya sampai merekat dan isiannya tertutup.

Lakukan terus hal yang sama hingga seluruh adonan habis dan dibentuk, kukus sampai matang. Kemudian gorenglah sekitar 15 menit sampai jadi matang.

Mudah bukan membuat resep choi pan isi bengkuang di atas, jika sudah matang, bisa diangkat dan sajikan dengan bahan pelengkap serta sambal.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait