Mau Camilan Jepang? Buat Croquant Chou Sendiri Aja

Tandaseru – Jika Anda sangat menyukai beragam camilan Jepang, maka resep Croquant Chou praktis ini akan sangat cocok bagi Anda pecinta budaya dan kuliner Jepang!

Croquant Chou Zakuzaku berasal dari Jepang, namun bisa ditemui juga di negara lain seperti di Shanghai, Seoul, Taipei bahkan Thailand.

Menu Croquant Chou merupakan camilan kue eclair yang disulap lebih istimewa. Eclair yang ala Jepang sengaja dibuat lebih panjang dibandingkan eclair umumnya.

Kemudian bagian atasnya terdapat croquant dari almond panggang dengan lapisan putih telur serta gula. Daripada jauh-jauh ke negara lain hanya untuk menikmati Croquant Chou, lebih baik coba resep satu ini saja.

Bahan resep Croquant Chou praktis!

Persiapkan bahan Ecalir untuk Croquant Chou berupa 125 ml air, 125 ml susu uht full cream, 100 gr mentega, 125 gr tepung protein tinggi, 1 sdt gula, 1/2 sdt garam dan 4 butir telur besar

Bahan Croquant siapkan 1 butir putih telur kurang lebih 40 gr, lalu 50 gr gula halus, sejumput garam, 25 gr tepung terigu protein sedang dan 50 gr kacang almond cincang

Sedangkan bahan flanya berupa 500 ml susu uht full cream, 120 gr gula pasir, 3 kuning telur, 40 gr maizena dan 2 sdm rhum atau vanilla.

Cara pengolahan kue ini mudah kok!

Membuat Croquant Chou, pertama-tama mengolah fla terlebih dahulu. Panaskan susu sampai jadi hangat, tak perlu hingga mendidih.

Sementara itu, Anda siapkan wadah untuk mencampurkan kuning telur dan gula, lalu diaduk sampai gulanya larut dan warnanya berubah jadi pucat.

Setelah itu barulah tambahkan tepung maizena ke dalam wadah dan aduk rata kembali sambil ditambahkan vanilla. Terus diaduk hingga tidak ada gumpalan serta adonannya licin.

Lanjutkan dengan memasukkan susu 1/4 bagian dalam adukan telur tadi, gunakan whisk atau pengocok telur sampai jadi menyatu.

Jika sudah tuangkan dan satukan kembali pada sisa susu dan fla Croquant Chou kembali dimasak diatas kompor menggunakan api kecil sampai jadi mengental.

Kemudian barulah saring agar menghasilkan fla yang cukup lembut. Langsung tutup wadah fla Croquant Chou dengan plastik wrap, kemudian simpan dalam kulkas.

Lanjutkan dengan membuat Croquant, pertama kocok putih telur dan gula sampai gula larut dan adonannya jadi pucat putih dan kental.

Lalu tambahkan garam dan tepung, kembali aduk merata, jangan sampai ada yang menggumpal. Baru masukkan kacang almond, lalu aduk rata lagi dan sisihkan.

Beranjak ke pembuatan eclair,  rebus air, dan lelehkan mentega. Setelah itu masukkan tepung terigu dalam mentega, kemudian aduk cepat sampai menyatu dan jadi kering.

Langsung pindahkan ke wadah lain, disusul dengan memasukkan telur satu per satu, mixer semuanya sampai menyatu dan jadi adonan yang lembut.

Jika sudah, pindahkan pada plastik segitiga, lalu semprotkan di loyang yang telah dialasi baking paper. Kemudian tuang adonan croquant menggunakan sendok pada atas adonan eclair sampai seluruh permukaannya tertutup.

Lanjut dengan memanggang Croquant Chou tersebut pada suhu oven 200 derajat celsius selama 15 sampai 20 menit atau hingga adonan Croquant Chou mengembang.

Turunkan jadi 180 derajat celcius sampai jadi matang dan kecoklatan sekitar 15 sampai 20 menit lagi. Untuk hasil akhirnya Anda bisa keluarkan fla dari kulkas, kemudian mixer sebentar sampai lembut.

Selanjutnya ambil eclair yang sudah jadi dan buatkan lubang pada sisi kiri dan kanan, kemudian beri isian flanya. Lakukan hal yang sama sampai semua eclair terisi fla.

Nah, mudah bukan membuat resep Croquant Chou praktis di atas? Croquant chou yang garing diluar dan lembut di dalam bisa langsung disantap deh!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait