Masih Ada Sisa Daging Kurban? Coba Buat Dendeng Balado Aja

Tandaseru – Makan daging selalu nikmat, tapi jika hanya dibakar atau direbus terlalu biasa. Coba resep dendeng balado praktis ini, agar daging kurban Anda tidak terbuang!

Siapa yang tidak tahu dendeng? Dendeng balado yang merupakan masakan khas Sumatera Barat ini memang terkenal nikmat.

Tidak kalah dengan olahan daging lainnya, menu dendeng balado yang terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan sambal balado ini sangat cocok bagi para pecinta pedas.

Biasanya dendeng menggunakan daging sapi dengan serat panjang, lalu digoreng kering. Tapi bagaimana agar daging dendeng yang kering tersebut tidak keras saat dimakan? Sebelum digoreng, daging harus dipukul-pukul perlahan dengan batu cobekan sampai tipis.

Bahan pembuatan resep dendeng balado praktis!

Untuk membuat dendeng balado ini siapkan daging ungkep yang terdiri dari 250 gr daging sapi, lalu 3 siung bawang putih yang diulek halus, lalu 1/2 sdm garam dan air secukupnya

Selanjutnya bahan untuk dijadikan bumbu balado, siapkan 1 buah kentang ukurang besar yang dipotong wedges dan digoreng matang dan 8 buah cabai merah keriting yang direbus dan diulek kasar.

Kemudian siapkan 2 buah cabai merah besar yang direbus serta diulek kasar, 4 siung bawang merah yang diiris kasar, 1 sdm bawang bombay yang diiris dadu kasar, 1 sdt garam atau sesuai selera dan 1/2 sdt gula.

Cara pengolahannya sangat mudah!

Langkah pertama membuat dendeng balado adalah rebus terlebih dahulu air dengan daging dan garam dalam panci tertutup hingga semua matang dan dagingnya empuk.

Perhatikan jumlah air untuk merebus dendeng ini, setidaknya cukup hingga menutupi daging. Jika sudah matang, segera tiriskan dan sisa airnya jangan dibuang.

Lanjutkan dengan mengambil satu potongan daging, lalu dipukul-pukul perlahan menggunakan kayu atau batu cobekan sampai tipis untuk dijadikan dendeng, tapi jangan hingga hancur.

Lakukan hal tersebut sampai seluruh daging dendeng jadi pipih. Kemudian, siapkan minyak panas pada wajan, goreng semua daging pipih tersebut sampai kering.

Kemudian angkat dan tiriskan. Untuk tingkat kegaringannya Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan selera yang Anda inginkan.

Sementara untuk membuat baladonya, tumis sedikit minyak, bawang bombay dan bawang merah sampai layu. Lalu masukkan cabai, kembali masak sampai matang dan minyak cabai keluar.

Barulah tambahkan gula serta garam, kembali aduk merata. Jangan lupa tes rasa, jika sudah pas rasanya, lanjutkan dengan memasukkan 4 sdm air sisa rebusan daging sapi tadi.

Masak sampai airnya surut, baru matikan api dan biarkan sampai tidak terlalu panas. Setelah itu masukkan daging serta kentang yang telah digoreng, aduk hingga rata.

Masak sebentar, langsung diangkat deh! Mudah bukan membuat resep dendeng balado praktis di atas? Jadi saat ada sisa daging kurban di rumah tak perlu khawatir sia-sia ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait