Masak Untuk Keluarga? Cobain Resep Dori Asam Manis Aja

Tandaseru – Santapan berupa ikan memang sudah banyak, tapi apa Anda sudah mencoba resep dori asam manis yang bisa buat keluarga Anda ketagihan?

Ikan Dori memang terkenal akan daging yang kaya dengan serat halus dan lembut. Ikan asal perairan laut dingin di kawasan Australia tersebut biasa dijual dalam kemasan berbentuk fillet kedap udara.

Sebelumnya sempat dibahas resep dori katsu dan juga dori yang dikombinasikan dengan mi, kali ini juga satu olahan ikan dori yang lezat, yaitu dori goreng tepung saus asam manis.

Terbayang rasa resep dori asam manis? Apa bahannya?

Bahan dori asam manis tak banyak, pertama 250 gr ikan dori fillet yang dipotong-potong,lalu 2 siung bawang putih yang dicincang halus, 1 ruas jahe yang dicincang halus dan 1/4 buah bawang bombai yang dipotong kotak

Kemudian persiapkan juga 1/4 buah paprika hijau yang dipotong kotak, 1/4 buah paprika merah yang dipotong kotak, 1/2 buah baby nanas potong dan 3 sdm saus tomat.

Lalu, 1 sdt kaldu bubuk, 1/2 sdt garam, 1 sdm gula pasir atau sesuaikan dengan tingkat manis nanas serta air secukupnya.

Untuk bahan bumbu marinasi siapkan 2 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung tapioka, 1 butir telur, 1 sdt kunyit bubuk dan 1 sdm minyak wijen.

Pembuatan resep ikan ini, mudah nggak?

Bukan berarti ikan asal Australia membuatnya sulit dimasak. Langkah awal, rendam terlebih dahulu Ikan yang telah dipotong-potong pada campuran telur, kunyit bubuk dan minyak wijen.

Kemudian diamkan ikan tersebut selama 15 menit. Setelahnya, balur ikan menggunakan campuran tepung terigu dan juga tepung tapioka.

Goreng ikan dori yang telah berbalut campuran tepung sampai warnanya kuning keemasan, barulah ditiriskan dan sisihkan sementara.

Lanjutkan dengan menyiapkan wajan lain untuk menumis, dengan memberi sedikit minyak. Tumislah bawang putih cincang beserta jahe sampai jadi kecokelatan, lalu masukkan paprika dan juga bawang bombai.

Aduk semua bahan resep dori asam manis dalam wajan secara merata hingga sedikit layu. Barulah masukkan saus tomat, gula, garam serta kaldu bubuk. Aduk kembali sampai rata.

Jika sudah rata, baru tambahkan nanas dan air, masak sampai air tersebut surut. Lalu matikan apinya. Pada sajian ini bisa disediakan dalam bentuk terpisah, kuah asam manis pada wadah sendiri atau langsung disiram di atasnya.

Nah, sangat mudah bukan resep dori asam manis tersebut? akan semakin nikmat jika disantap selagi hangat bersama nasi, pasti mengenyangkan!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait