Sahur yang Hangat, Coba Masak Dumpling Sup ini di Rumah!

Tandaseru – Mungkin banyak yang tidak akrab dengan namanya, tapi tampilannya serupa dengan pangsit basah. Seperti apa resep dumpling sup sebenarnya?

Jika Anda terlalu asing dengan nama dumpling, mungkin Anda akan lebih akrab dengan sebutan pangsit basah, terutama saat makan bakso, biasanya pangsit ini menjadi salah satu teman makan bakso selain tahu.

Dumpling sup ini memang sangat cocok untuk disajikan pada malam hari, jika di bulan Ramadan, akan cocok untuk disantap ketika sahur, karena bisa menghangatkan tubuh.

Bahan membuat resep dumpling sup!

Persiapkan 200 gr daging sapi giling, 100 gr udang kupas yang dihaluskan, 2 sdm tepung tapioka, 3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1 butir telur, 2 sdt kecap ikan, 1/4 sdt merica bubuk dan kulit pangsit siap pakai secukupnya.

Untuk kuah dumpling sup siapkan 1/2 kg tulang ayam, 2 sdm kecap ikan, 1 sdt kecap asin, 2 sdm minyak wijen, 2 batang daun bawang, 2 cm jahe yang dimemarkan, 2 siung bawang putih, kaldu ayam dan air secukupnya.

Cara mengolahnya mudah loh!

Langkah awal, campurkan seluruh bahan untuk isian dumpling yang tadi disiapkan, kemudian langsung diisikan pada kulit pangsit.

Perhatikan isian dumpling harus tertutup sempurna oleh kulit pangsit agar tidak keluar ketika dimasak. Melipat kulit pangsit juga sesuaikan dengan selera, dumpling punya banyak bentuk lipatan yang menarik.

Selanjutnya kukus semua dumpling yang sudah terisi dalam kukusan sampai matang. Rebuslah air sampai mendidih, lalu masukkan tulang ayam serta seluruh bumbu kaldu, kemudian masak sampai kuah dumpling sup mendidih selama kurang lebih 20 menit atau hingga tercium aroma sedap.

Setelah itu, saring kuah kaldu tersebut, kemudian rebus sejenak bersama dumpling yang sudah jadi. Tak perlu lama, langsung bisa disajikan selagi hangat.

Jika ingin menyantap dumpling sup ini dengan nasi boleh, atau langsung dimakan tanpa nasi juga boleh, karena dumpling ini sangat nikmat ketika disantap masih dalam keadaan hangat.

Mudah bukan menu sahur kali ini? Jadi ingin mencoba resep dumpling sup sendiri di rumah kan? semoga jadi rekomendasi yang bermanfaat untuk Anda ya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait