Minuman Es Beras Kencur Ini Siap Menyegarkan Sore Hari Anda

Tandaseru – Biasanya untuk menikmati jamu beras kencur, kita akan beli yang instan atau yang dijual oleh mbok jamu. Padahal Anda bisa membuat resep es beras kencur dirumah loh. Tentunya lebih puas dan lebih banyak karena buatan sendiri.

Tak hanya itu, minuman jamu ini juga pasti lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Minuman pelepas dahaga ini memiliki khasiat untuk mengembalikan stamina yang terkuras seharian.

Penasaran seperti apa pembuatan jamu asli khas Indonesia yang kaya akan manfaat ini? Berikut ini resep simpelnya.

Bahan-Bahan es beras kencur yang menyegarkan

Bahan utama yang Anda butuhkan ialah 50 gram kencur segar, dan 2 sdm beras putih. Kemudian 100 gram gula jawa serta 600 cc air hangat. Bahan yang sangat mudah didapatkan ya.

Perhatikan cara pembuatan es beras kencur ini ya!

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci beras, dan rendam terlebih dahulu dengan air mendidih hingga empuk dan berwarna keruh.

Selanjutnya kupas kencur, lalu cuci bersih. Namun sebelumnya haluskan dulu beras dan kencur. Bisa dengan menggunakan blender atau diulek.

Setelah itu, siapkan 600 cc air hangat dan masukkan beras dan kencur yang sudah dihaluskan.  Sisir gula jawa, masukkan dalam campuran air beras dan kencur.

Jika sudah, aduk-aduk sampai merata, lalu saring dan tuang ke dalam gelas. Nah, mau lebih segar? Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas atau bisa ditambahkan es batu.

Bagaimana, resep es beras kencur diatas sangat mudah diikuti di rumah kan? Selamat mencoba.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait