Yuk, Bikin Es Daluman Minuman Segar Khas Bali

Tandaseru – Ingin menikmati minuman segar saat siang hari sedang terik? Bikin saja minuman tradisional khas Bali resep es daluman yang manis dan menyegarkan, dijamin bisa melepaskan dahaga.

Es daluman terbuat dari daun daluman alias cincau hijau yang diberi kuah santan dan gula aren. Bedanya, santan yang digunakan terbuat dari kelapa yang dibakar terlebih dahulu sehingga cita rasanya berbeda dari cincau biasa.

Jika sedang berkunjung ke bali, Anda bisa menjumpai minuman menyegarkan ini di berbagai warung es ataupun gerobak dorong.

Namun, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah loh karena untuk membuat es dlauman ini tidak memerlukan keahlian khusus. Simak yuk, racikan es daluman segar khas Bali dibawah ini.

Bahan-bahan resep es daluman yang menyegarkan

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 150 gram daluman atau cincau hijau, potong kecil-kecil, dan 100 gram kolang-kaling, bersihkan lalu rebus sebentar.

Kemudian sediakan 100 gram sagu mutiara, bersihkan dan rebus sampai bening, 750 ml santan dari kelapa bakar, dan 250 ml gula aren, cairkan.

Lalu 2 lembar daun pandan, garam secukupnya dan es batu serut secukupnya.

Cara pembuatan es daluman khas Bali

Langka pertama yang perlu Anda lakukan ialah merebus santan, daun pandan, dan sedikit garam dengan api kecil sembari diaduk hingga mendidih.

Kemudian angkat dan angin-anginkan agar lekas dingin, lalu siapkan gelas saji.

Selanjutnya, tuang cincau, sagu mutiara, kolang-kaling, dan air gula kemudian siram dengan air santan secukupnya.

Setelah itu, tambahkan es batu serut dan es daluman siap disajikan.

Nah, sudah jadi deh. Minuman khas Bali ini tak hanya mampu melepaskan dahaga saja, daun daluman juga diyakini dapat melancarkan pencernaan loh. Selamat mencoba resep es daluman ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait