Bikin Kenyang, Makan Es Kacang Melaka Buatan Sendiri Aja!

Tandaseru – Nikmat es di siang hari memang sulit tergantikan, salah satu yang bisa dibuat sendiri adalah resep es kacang Melaka yang manis dan segar ini!

Jika ada yang belum tahu, Melaka merupakan salah satu negara bagian di Malaysia, seperti dilansir dari Wikipedia.org. Memang ada banyak menu khas di negara tersebut layaknya tempat-tempat lain di dunia.

Salah satu yang jadi favorit dengan santapan manis, tentu akan menemukannya ketika berjalan-jalan ke Melaka. Sajian tersebut memiliki rasa manis, dan pastinya menyegarkan.

Es satu ini jika dilihat sekilas mirip dengan es campur atau es kacang merah yang sama-sama menggunakan es serut.

Ketika cuaca sedang terik es kacang gula Melaka ini bisa mengatasi dahaga selama seharian beraktivitas. Cara membuatnya ternyata cukup mudah, jadi tidak perlu jauh-jauh ke daerah Malaysia sana untuk sekedar mencicipinya.

Bahan resep es kacang Melaka mudah didapat kok!

Menpersiapkan bahannya tidak perlu repot, bahan-bahannya semua ada di Indonesia kok. Pertama sediakan 12 sdm es serut, lalu 500 gram bubur kacang merah dan 80 gram kacang tanah sangria.

Kemudian, siapkan 400 cc santan kental, 1/4 sdt garam, 180 cc air, 113 gram gula merah, 45 gram brown sugar dan juga 500 gram agar-agar yang telah dipotong kotak-kotak.

Bahan yang terakhir siapkan saja 550 gram kolang-kaling atau boleh diganti dengan cincau sesuai selera saja dan 400 gram krim jagung.

Ilustrasi

Untuk membuat esnya mudah banget!

Langkah pertama, buat terlebih dahulu sausnya dengan cara melarutkan gula merah, brown sugar bersama air dalam panci kecil sampai mendidih.

Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Kemudian, siapkan mangkuk saji sesuai selera, lalu masukkan es serut, tambahkan bubur kacang merah, agar-agar, kolang-kaling atau cincau dan krim jagung.

Aturlah penempatannya sesuai selera, yang pasti buatlah secantik mungkin agar terlihat menggugah selera. Lalu siram dengan menggunakan santan kental beserta saus gula merah.

Jangan lupa untuk sentuhan terakhir taburi dengan kacang tanah sangrai. Nah, es serut khas Melaka buatan sendiri sudah jadi deh.

Paling nikmat resep es kacang Melaka tersebut disantap beramai-ramai pada mangkuk yang cukup besar dengan banyak sendok, agar terasa kebersamaannya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait