Rendang Lebaran Habis? Bikin Sup Asem Manis Patin Segar Yuk!

TandaseruMenu makanan lebaran tak harus selalu dengan opor ayam atau rendang. Apabila kedua makanan tersebut habis, masih ada loh sup ikan berkuah yang menyegarkan yaitu resep ikan patin asem manis, coba bikin yuk!

Cocok sekali bagi keluarga atau kerabat Anda yang tak suka pedas dan ingin menghilangkan lapar dan dahaga dengan makanan yang menghangatkan.

Kali ini coba buat asem-asem patin belimbing wuluh saja ya. Lembutnya daging ikan berpadu dengan segarnya kuah asem-asem, dijamin bikin ketagihan.

Bahan-bahan resep ikan patin asem manis

Anda perlu menyediakan bahan utamanya yaitu 2 ekor ikan patin, jangan lupa untuk membersihkan sisiknya ya dan potong-potong ikan pating. Setelah itu sediakan 1 buah jeruk nipis.

Bumbu kasar yang harus disediakan

Siapkan 2 batang serai yang sudah dimemarkan, 5 lembar daun jeruk, 3 buah tomat hijau, dan 3 buah tomat merah, masing-masing tomat dipotong jadi 4 bagian

Nah, kemudian sediakan 7 buah belimbing wuluh, lalu 4 batang daun bawang yang di potong-potong. Bumbu kasar akan semakin sedap dengan tambahan 10 buah cabai rawit utuh. Lalu siapkan air secukupnya.

Buat bumbu halusnya juga yuk!

Bumbu halus resep ikan patin ini membutuhkan 5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 3 ruas jahe, 2 ruas lengkuas, 2 ruas kunyit,  1 sdt ketumbar dan garam secukupnya.

Intip cara membuat ikan patin yang menyegarkan ini

Langkah pertama, Anda harus lumuri ikan patin dengan jeruk nipis, agar ikan lebih segar dan tidak terlalu bau amis. Diamkan kurang lebih 10 sampai 15 menit dan bilas hingga bersih.

Kedua, tumis bumbu halus sampai tercium aroma harum, lalu masukkan bumbu kasar dan tumis bumbu hingga matang.

Tahap selanjutnya, masukkan ikan sambil aduk-aduk perlahan hingga tercampur dengan bumbu.  Masak hingga ikan berubah warna, lalu tuangkan air secukupnya.

Biasanya air yang dicampurkan itu sampai ikan terendam. Kemudian biarkan hingga mendidih. Masukkan gula dan garam secukupnya.

Terakhir, masukkan tomat, belimbing wuluh dan daun bawang, masak kembali hingga sedap.

Nah, yang ditunggu-tunggu sudah siap disajikan. Resep ikan patin asem manis makin nikmat dihidangkan dengan nasi hangat. Selamat mencoba, ladies!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -