Enak dan Sehat, Resep Jamur Enoki Saus Tiram ini Juara Banget!

Tandaseru – Mungkin Anda jarang mendengar tentang jamur enoki, tapi resep jamur enoki saus tiram ini bukan sekedar enak tapi juga sehat banget untuk tubuh!

Jamur enoki sepertinya kurang populer, mungkin juga sebagian dari Anda tidak pernah mendengar bahan makanan satu ini.

Padahal ada banyak manfaat di dalamnya, pada 100 gram jamur enoki mentah saja, diperkirakan terdapat kandungan air, energi, kalium (potasium), karbohidrat, fosfor, niacin, folat, magnesium, vitamin D, dan lainnya.

Bukan itu saja, kandung antioksidan yang sampai 99,7 persen membuat sayuran tersebut mampu mencegah serangan radikal bebas.

Jamur enoki juga kaya akan serat yang mampu mempercepat penguraian kolesterol jadi bisa mengurangi tingkat trigliserida, kolesterol total, lemak jahat atau LDL, dan juga fosfolipid dalam hati.

Hebatnya lagi, jamur enoki punya kandungan zat antitumor flammulin yang diduga mampu jadi agen antikanker payudara. Zat tersbeut bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan sel kanker tersebut.

Untuk bahan resep jamur enoki saus tiram ini sederhana kok!

Hanya perlu siapkan 1 wadah jamur enoki yang dibuang akarnya, lalu 2 siung bawang putih, 3 buah cabai rawit yang sudah dihaluskan dan 1/2 siung bawang bombai yang dicincang.

Siapkan juga 1 sdm saus tiram, 1 sdm saus teriyaki, 1 sdt kecap manis, 1/2 sdt lada bubuk, garam dan gula secukupnya

Memasak jamur enoki juga tidak sulit!

Langkah pertama yang harus dilakukan, tumis terlebih dahulu bawang putih beserta bawang bombai sampai jadi layu dan juga harum.

Jika sudah, masukkan jamur enoki bersama cabai rawit halus, lalu tumis kembali sejenak sampai jadi agak layu jamurnya.

Selanjutnya, masukkan seluruh saus yang disediakan dan tuanglah air sedikit saja, baru aduk hingga merata dan mendidih. Jangan lupa juga untuk tes rasa, bisa tambahkan gula ataupun garam jika diperlukan.

Setelah jamur enoki sudah jadi layu, maka bisa langsung matikan api dan boleh disajikan pada wadah mangkuk atau piring saji.

Resep jamur enoki saus tiram ini bisa disantap sendiri tanpa ada pendamping, boleh juga ditemani nasi atau kerupuk jika suka.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -