Punya Sisa Daging Lebaran? Masak Kari Daging Sapi Aja

Tandaseru – Masih dalam suasana lebaran, kadang sisa bahan makanan masih banyak di kulkas seperti daging. Nah, agar tak cepat membusuk, coba masak resep kari daging sapi saja!

Daging sapi memang bisa diolah menjadi beragam masakan, selain gulai, panggang, rendang, daging juga bisa dimasak kari.

Selama lebaran Anda mungkin tidak sadar bahwa masih ada bahan daging sapi yang tersisa di kulkas, kali ini saatnya daging tersebut diolah dan dinikmati dengan lontong.

Terutama saat dijadikan menu kari yang gurih dan menggugah selera seluruh keluarga di rumah. Suasana makan siang Anda jadi terasa seperti lebaran kembali.

Bahan memasak resep kari daging sapi!

Persiapkan 1/2 kg daging sengkel atau iga, 1/2 kg wortel yang dipotong-potong memanjang, 3 buah kentang yang bisa dilewatkan jika tak suka dan 3 buah bunga lawing.

Lalu, siapkan sejumput cengkeh bubuk, sejumput jinten bubuk, 1 sdt kunyit bubuk, 1/4 sdt merica, 2 batang kayu manis, 200 ml santan instan dan 500 ml air.

Kemudian sediakan juga 2 lembar daun salam, 1 batang sereh yang diambil putihnya, 1 sdm bumbu kari bubuk, serta bumbu yang dihaluskan berupa 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 buah cabe merah, 5 buah kemiri yang disangrai dan 1/2 sdt ketumbar yang disangrai.

Ilustrasi

Pembuatan menu ini pun mudah!

Untuk mengolah kari daging sapi ini, pertama rebus terlebih dahulu daging sapi hingga empuk, lalu angkat dan potong-potong sesuai selera.

Lanjutkan dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan, beserta kunyit, bumbu kari, sereh dan daun salam. Lalu, tambahkan air, masaklah hingga mendidih.

Setelah itu, baru masukkan potongan daging tadi, tambahkan wortel, kentang, bunga lawang, jinten, kayu manis, cengkeh, gula, garam, dan lada.

Jika ingin berbeda, kentangnya bisa Anda goreng terlebih dahulu, kemudian baru dimasukkan sesaat usai kari daging diangkat.

Selanjutnya, masak semua bahan tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, barulah tuang santan, lalu diaduk merata. Jangan lupa juga untuk mengoreksi rasanya.

Saat dirasa sudah pas dan sesuai dengan selera Anda, masak semuanya hingga sayur di dalam kari daging tersebut matang, lalu angkat.

Sajikan kari daging sapi tersebut pada mangkuk saji bersama lontong atau nasi yang masih hangat, bisa juga Anda sediakan sambal jika ada anggota keluarga yang sangat suka pedas.

Nah, mudah bukan membuat resep kari daging sapi di atas? Jadi saat menemukan daging sapi sisa lebaran di kulkas, langsung dibuat jadi kari saja!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait