Mau Coba yang Beraroma, Makan Kikil Cabai Ijo Petai ini Aja!

Tandaseru – Makan siang enaknya pakai menu apa ya? Jika masih bingung dan mencari-cari resep yang pas, sepertinya resep kikil cabai ijo petai ini bisa jadi pilihan yang enak!

Siapa yang tidak tahu kikil? Bahan makanan yang merupakan kulit sapi tersebut bisa diolah jadi beragam masakan yang lezat. Jika kikil diberi kecap itu biasa, coba kombinasikan kikil dengan cabai ijo dan campuran petai.

Aroma dan rasa gurih dari menu tersebut pasti akan sulit untuk tertandingi dengan lainnya. Belum lagi memasaknya pun mudah banget.

Bahan resep kikil cabai ijo petai yang perlu disiapkan apa saja ya?

Sediakan pastinya 20 gram kikil sapi yang sudah direbus sampai matang, lalu potong bentuk dadu, lalu 10 buah petai yang dibelah dua, 3 cm lengkuas yang dimemarkan, 2 cm jahe juga dimemarkan, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 lembar daun jeruk serta minyak secukupnya.

Selai itu siapkan bahan untuk bumbunya, yaitu 6 siung bawang merah diiris tipis, 3 siung bawang putih juga diiris tipis, 5 buah cabai hijau besar yang diiris serong dan 5 buah cabai rawit juga diiris serong.

Lalu 1/2 buah tomat yang diiris dadu kecil, garam, gula, kaldu sapi bubuk dan kecap manis semuanya secukupnya saja.

Memasaknya kikilnya bagaimana ya?

Mudah banget, pertama panaskan sedikit minyak pada wajan, lalu tumis bawang putih, bawang merah, cabai hijau dan juga cabai rawit sampai layu.

Kemudian tambahkan lengkuas, jahe, batang serai serta daun jeruk. Baru masukkan kikil beserta petai ke dalam tumisan tadi, langsung aduklah merata.

Setelah rata, tambahkan garam, gula, kaldu ayam bubuk serta kecap manis, jangan lupa untuk menambahkan sedikit air, kembali aduk merata.

Selanjutnya masaklah kikil sampai benar-benar matang, baru tambahkan tomat agar menimbulkan rasa yang semakin lezat.

Agar rasanya maksimal, koreksi rasa dari tumisan tadi, apakah kurang gurih atau kurang pedas sesuai selera, setelah pas bisa langsung diangkat saat sudah matang.

Tumisan kikil tersebut dapat disajikan saat masih hangat dan disantap bersama dengan nasi putih yang juga hangat, pasti akan bertambah enak.

Bukan hanya mudah, resep kikil cabai ijo petai di atas juga punya bahan-bahan yang tidak terlalu sulit untuk didapatkan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -