Lumer di Mulut, Kue Kacang Ngeprul ini Cocok Buat Lebaran!

Tandaseru – Lebaran selain pakaian camilan khasnya selalu ditunggu. Nah, resep kue kacang ngeprul ini bisa jadi menu camilan enak untuk menyambut Hari Raya!

Ada beberapa kue khas lebaran yang sering Anda jumpai ketika berkunjung ke rumah keluarga di kampung halaman. Mulai dari kue nastar, kue lidah kucing hingga kue putri salju.

Semua kue punya kenikmatannya masing-masing, salah satu yang patut dicoba untuk membuatnya sendiri di rumah adalah kue kacang ngeprul ini.

Bisa dibilang kue ini jajanan jadul yang jadi favorit sepanjang masa. Agar kue kacangnya enak, ngeprul dan bisa lumer di mulut, coba sontek resep satu ini.

Bahan mengolah resep kue kacang ngeprul!

Persiapkan bahan utama kue kacangnya berupa 400 gram tepung terigu, 250 gram kacang tanah kupas sangrai yang diblender dan 200 gram minyak goreng

Lalu siapkan 200 gram gula halus, 1 sdt garam, 1/4 sdt teh vanili bubuk, 2 kuning telur dan 1 sdm mentega untuk olesan kue kacang tersebut.

Ilustrasi

Memasak camilan lebaran ini pun mudah!

Langkah awal membuat kudapan dari kacang ini adalah menyampurkan tepung terigu, gula halus, garam, vanili dan kacang tanah.

Lalu, masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit ke dalam campuran tadi. Aduklah menggunakan spatula hingga semuanya tercampur rata sampai bisa mudah untuk dipulung.

Jika sudah, tutuplah adonan menggunakan plastik, lalu simpan dalam kulkas selama 1 jam. Selanjutnya, keluarkan adonan dari kulkas, lalu diamkan sejenak pada suhu ruang.

Setelah itu, barulah cetak adonan sesuai dengan selera. Bisa berbentuk, bulat, hati, bulan, bintang atau yang menyerupai binatang.

Kemudian, letakkan kue kacang yang sudah dibentuk di atas loyang yang telah diolesi margarin. Lalu, olesi bagian atas kuenya menggunakan campuran kuning telur dan mentega.

Setelah semua adonan terbentuk dan tertata rapi di atas loyang, panggang sekitar 30 menit atau tergantung ovennya masing-masing hingga matang.

Jika sudah matang, keluarkan semua kue kacang tersebut dan letakkan dalam toples agar bisa dinikmati saat lebaran nanti.

Mudah bukan resep kue kacang ngeprul di atas? Memang jika baru pertama kali membuat kue kering perlu banyak praktik dan mencoba, semangat bikin kue!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait