Bosan Manis, Kue Lebaran ini Cocok Bagi Penikmat Makanan Asin!

Tandaseru – Biasanya kue Lebaran identik dengan rasa yang manis, tapi ada sejumlah orang yang tidak menyukai makanan serba manis. Untuk memanjakan lidah tamu atau saudara yang tidak menyukai manis, resep kue Lebaran gurih ini bisa jadi pilihan!

Kedua menu jajanan Lebaran ini memang paling bisa untuk memeriahkan suasana ngemil saat hari kemenangan tiba. Karena bukan cuma gurih dan asin,  kedua menu ini juga sangat renyah saat digigit.

Kulit pangsit goreng jadi resep kue Lebaran gurih yang mudah dibuat!

Agar lancer membuatnya, siapkan bahannya terlebih dahulu ya, yaitu 150 gr tepung terigu, 70 gr tepung tapioca, 1/2 sdt garam, penyedap rasa hanya jika diperlukan, 25 gr margarin, 1 butir telur dan 50 sampai 100 ml air.

Membuatnya dengan cara ini!

Langkah pertama kocok telur serta garam, lalu campurkan tepung terigu dan juga tapioka. Kemudian, campurkan keduanya sambil diaduk rata.

Selanjutnya, tuangkan air sedikit demi sedikit sampai adonan jadi kalis. Lalu, gilinglah adonan tersebut sampai tipis-tipis, lalu potong jadi bentuk memanjang atau kotak-kotak.

Setelah itu, gorenglah sampai krispi atau renyah dan berubah warna kecokelatan, jika sudah begitu langsung tiriskan.

Tunggulah hingga dingin, jika kulit pangsit sudah dingin siap dikemas pada wadah toples dan disajikan untuk kue Lebaran.

Kacang bawang

Selain kulit oangsit yang gurih, membuat kacang bawang juga jadi salah satu kudapan renyah yang paling nagih untuk terus dimakan saat Lebaran tiba.

Pertama siapkan bahannya yaitu 2 kg kacang tanah kupas, 10 siung bawang putih, 2 sdm garam, 5 siung bawang putih yang dicincang halus dan digoreng serta 1,5 liter minyak goreng.

Bagaimana dengan cara membuatnya?

Untuk membuatnya mudah pertama, haluskan 10 siung bawang putih beserta garam, lalu tambahkan air sedikit.

Kemudian, campurkan kacang tanah menggunakan bumbu halus lalu diamkan selama kurang lebih 3 jam agar bumbu benar-benar meresap.

Jika sudah, gorenglah kacang menggunakan minyak yang banyak serta panas dengan api yang sedang sampai kacang berubah warna jadi keemasan.

Setelah itu bisa langsung diangkat dan ditiriskan. Tuangkan pada wadah kemudian masukkan gorengan bawang putih cincang dan aduk merata. Setelah tercampur barulah bisa disajikan dalam toples kue Lebaran yang kedap udara.

Mudah banget kan membuat kedua resep kue Lebaran gurih yang pastinya bikin nagih di atas? Jangan lupa dipraktikkan ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -