Ngemil Pas Lebaran? Buat Kue Siput Aja Yuk di Rumah

Tandaseru – Berlebaran tanpa suguhan kue rasanya kurang afdal. Ada resep kue siput yang bisa disontek dan dijadikan camilan saat Hari Raya nanti.

Kue lebaran tidak hanya sebatas kue nastar, kue lidah kucing atau kue khas lebaran lainnya. Tapi ada kue yang tak kalah unik dan bisa menarik perhatian tamu yang datang ke rumah, yaitu kue siput.

Tidak hanya enak, tapi kue siput ini cukup mudah dibuat. Bukan hanya bisa disediakan saat lebaran, tapi camilan ini bisa jadi santapan sehari-hari yang cocok untuk teman minum teh atau kopi di sore hari.

Bahan membuat resep kue siput!

Siapkan bahan utama kue siput berupa 350 gram tepung terigu, lalu 5 sdm tepung tapioka, 1 butir telur ayam, 100 gram margarin yang sudah dicairkan dan 6 siung bawang putih.

Kemudian siapkan juga 1 sdt lada bubuk, 1 sdm kaldu bubuk, 80 ml air santan, 1-2 buah cabai, sedikit garam dan daun seledri yang telah dirajang.

Cara memasak camilan ini mudah loh!

Langkah awal ulek atau haluskan terlebih dahulu bawang putih beserta cabai. Barulah campur dengan tepung terigu, tapioka, garam, lada, kaldu bubuk dan daun seledri.

Semua bahan tersebut diaduk secara merata pada satu wadah, baru masukkan telur dan aduk rata kembali.

Jika sudah rata, kembali masukkan bahan lainnya yaitu santan sedikit demi sedikit. Sambil terus diaduk rata menggunakan spatula atau tangan.

Kemudian, masukkan margarin ke dalam adonan kue siput tersebut, dan terus aduk hingga kalis atau adonannya sudah tidak lengket lagi.

Selanjutnya, ambil adonan kue siput secukupnya, bentuklah adonan menggunakan bantuan garpu atau cetakan kue siput juga boleh agar lebih mudah.

Setelah itu, panaskan minyak menggunakan api kecil saja, lalu goreng kue siput yang sudah terbentuk hingga warnanya berubah jadi kuning kecoklatan.

Kue satu ini tidak dipanggang, karena hasil akhirnya nanti rasa kue siput akan lebih gurih. Kemudian angkat kue siput tersebut lalu tiriskan.

Setelah dingin, baru masukkan dalam toples untuk disajikan saat lebaran, atau pada hari biasa resep kue siput ini bisa Anda buat untuk camilan di rumah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait