Resep Kue Timpan Khas Aceh yang Manis dan Legit

Tandaseru – Buka puasa hari ini, sajikan kue tradisional sebagai camilan, yuk. Resep kue Timpan khas Aceh yang manis dan legit ini pasti bikin rindu kampung halaman, khusus bagi Anda yang merantau.

Kue ini memiliki ciri khas rasa yang manis dan gurih, timpan dibuat oleh masyarakat Aceh dengan beberapa varian isi seperti kelapa, pisang dan srikaya.

Nah, pada kesempatan kali ini Tandaseru.id akan membagikan resep kue khas Aceh dengan isian kelapa yang teruji pasti hasilnya, dan siapa pun akan bisa membuatnya.

Bahan-bahan isian resep kue Timpan khas Aceh

Bahan yang Anda butuhkan adalah 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa, 2 butir telur, 100 gram gula pasir, 1/4 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh tepung terigu protein sedang.

Kemudian 2 buah nangka, potong kotak, 75 gram kelapa parut kasar, disangrai, 1 lembar daun pandan dan 1/8 sendok teh vanili bubuk.

Bahan kulit kue Timpan

Bahan kulit yang perlu Anda sediakan yakni 5 buah pisang raja, dihaluskan, dan 200 gram tepung ketan putih.

Lalu 1/4 sendok teh garam, 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa, dan 16 lembar daun pisang muda untuk membungkus.

Ikuti langkah mudah membuat kue Timpan yang manis dan legit

Tahap pertama buat isian terlebih dahulu, yakni kocok lepas telur, gula pasir, dan garam. Masukkan tepung terigu lalu aduk-aduk rata.

Kemudian tuang santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan nangka, kelapa parut, dan daun pandan. Aduk rata kembali.

Selanjutnya, masak di atas api kecil sambil diaduk sampai kental. Tambahkan vanili bubuk dan aduk rata. Lalu angkat dan dinginkan.

Setelah itu buat adonan kulit, pertama campur pisang raja, tepung ketan putih, dan garam sambil aduk rata. Kemudian tuang santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai licin.

Lalu ambil adonan kulit, pipihkan, beri isian. Kemudian bentuk lonjong pipih dan bungkus dengan daun pisang muda. Semat dengan tusuk gigi kedua ujungnya.

Jika sudah, kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang.

Resep kue Timpan Khas ceh sudah siap disajikan sebagai menu camilan berbuka puasa. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait