Mau Kue Tradisional yang Gurih? Buat Resep Tako Pandan Aja!

Tandaseru – Ada yang menganggap memasak jajanan pasar itu sulit, padahal ada kok resep kue tradisional tako pandan yang gurih dan sangat mudah!

Kue tradisional memang tak lekang oleh waktu, hampir di setiap tempat jajanan pasar pasti menjual kue semacam itu. Salah satu yang mungkin bisa jadi favorit Anda adalah kue tradisional Tako Pandan.

Kue basah satu ini terbuat dari pandan, walaupun pandan tersebut tak dimasukkan dalam bahan adonannya, namun hanya dijadikan wadah untuk menyajikan kue tersebut.

Biarpun demikian, pandan tetap memberi aroma wangi yang khas dalam hidangan yang didominasi warna putih akibat campuran santan tersebut.

Pasti penasaran kan seperti apa buatnya dan apa saja bahannya? Tidak terlalu sulit kok untuk membuat kue tradisional satu ini.

Pertama siapkan bahan resep kue tradisional tako pandan!

Untuk bahan lapisan bagian bawah yaitu 25 gram tepung hunkue kuning, 25 gram tepung beras, 375 ml air, 100 gram gula pasir dan 6 buah nangka dipotong dadu

Lalu untuk lapisan atasnya 25 gram tepung hunkue putih, 500 ml santan dan garam secukupnya, sedangkan untuk wadahnya 10 lembar daun pandan yang dibentuk takir.

Membuat tako pandan ini mudah banget!

Langkah pertama kerjakan dahulu lapisan bawahnya kue tako pandan, yaitu dengan cara campurkan tepung hunkue, tepung beras, air serta gula pasir, lalu aduklah rata.

Kemudian, masaklah menggunakan api yang sedang sampai jadi mengental. Setelah mengental matikan apinya dan berilah nangka, baru aduk rata kembali.

Jika sudah, tuangkan adonan dalam wadah dari pandan sampai setengah bagian, lalu biarkan sampai mengeras.

Selanjutnya, buatlah lapisan atasnya dengan mencampur tepung hunkue, santan dengan garam, lalu aduklah merata. Kemudian, masaklah di atas api berukuran sedang sampai mengental.

Habis itu tuangkan adonan di atas adonan sebelumnya, lalu biarkan dingin sampai mengeras. Kemudian simpanlah dalam lemari es, barulah siap disajikan.

Resep kue tradisional tako pandan di atas bisa untuk menyajikan 5 porsi kue basah yang sangat gurih dan wangi tersebut!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait