Bekal Praktis, Masak Lumpia Udang Tahu Aja di Rumah!

Tandaseru – Membuatkan bekal anak yang praktis memang tidak sulit, ada banyak menu yang bisa dibuat, salah satunya resep lumpia udang tahu ini!

Seperti yang diketahui, gorengan jadi menu makanan yang paling banyak peminatnya, lumpia jadi menu yang cukup banyak disukai.

Lumpia memang banyak jenisnya, ada lumpia dengan isian rebung, bihun hingga lumpia manis seperti pisang cokelat (piscok) atau yang lainnya.

Selain enak, memasak menu lumpia itu cukup praktis dan cepat dibuat. Jadi sangat cocok untuk dijadikan bekal anak yang enak dan bisa buat anak ketagihan.

Bahan resep lumpia udang tahu!

Persiapkan terlebih dahulu 100 gr udang yang dicincang kasar, 100 gr tahu putih yang dihaluskan menggunakan garpu dan 1 buah wortel yang diiris korek tipis.

Lalu persiapkan 2 batang daun bawang yang diiris kasar, lalu 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1/2 sdt gula, 1/2 sdt garam, 1 sdt kaldu bubuk dan kulit lumpia secukupnya

Ilustrasi

Cara pembuatan isinya!

Karena kulit lumpianya bisa dibeli secara instan dan banyak dipasaran, maka langsung pada tahap membuat isian udang tahu.

Langkah awal, panaskan dahulu sedikit minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai aroma harumnya tercium dan layu.

Setelah itu, baru masukkan udang yang sudah dicincang tadi, kembali aduk sampai udang berubah warna atau cukup matang.

Selanjutnya, tambahkan wortel dan kembali tumis semua sampai layu. Masukkan tahu, gula, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata lagi.

Masaklah seluruh bahan isian lumpia udang tahu, terutama sampai wortelnya benar-benar empuk. Cukup hanya ditumis tanpa menambahkan air. Jangan lupa koreksi rasanya!

Kemudian, masukkan daun bawang, kembali aduk rata sampai semua bahan matang, barulah matikan apinya. Angkat isian lumpia udang tahu tersebut, dan letakkan pada wadah.

Jika sudah, ambillah satu lembar kulit lumpia, lalu beri isian udang tahu dan tutup membentuk amplop menggunakan perekat air.

Setelah semua kulit lumpia dan isian udang tahu habis, barulah goreng lumpia udang tersebut dalam minyak panas sampai berwarna kecokelatan pada kedua sisinya. Lalu angkat dan tiriskan.

Lumpia udang tahu bisa langsung disajikan dengan sambal kesukaan Anda atau dimasukkan dalam kotak bekal anak Anda.

Tipsnya, sebaiknya kurangi atau tidak sama sekali memasukkan air pada isian lumpia agar tidak basah dan mempersulit saat membungkusnya. Kulit lumpia akan jadi benyek jika terkena isian basah.

Nah, sekarang sudah mengerti bukan resep lumpia udang tahu untuk bekal anak Anda? Jadi saat terburu-buru pun Anda masih bisa membawakan bekal makanan enak untuk anak.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait