Bikin Camilan Sore Yuk! Makaroni Panggang Keju Yang Lezat


Tandaseru – Senin sore begini enaknya praktik membuat makanan yang bisa juga dijadikan camilan. Nah, bikin menu praktis resep makaroni panggang keju yang super lezat.

Menu camilan yang satu ini mudah dibuat loh. Anda bisa membuatnya dari bahan-bahan sederhana di dapur.

Rasa lelah bekerja seharian dijamin akan hilang berkat makaroni yang hasilnya sudah pasti enak. Simak resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan resep makaroni panggang keju

Bahan utama yang harus disiapkan ialah 100 gram makaroni bentuk pipa yang sudah direbus, 50 gram daging giling dan 1/4 bagian bawang Bombay yang dicincang halus.

Sediakan juga 100 gram wortel yang sudah diris kotak kecil, mentega untuk menumis, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt gula pasir dan 1 sdt garam.

Bahan Saus Siraman

Saus siraman makaroni terdiri dari bahan 250 ml susu cair, 25 gram keju cheddar yang diparut halus dan 3 sdm tepung terigu.

Kemudian 1/4 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, 1/2 sdt pala bubuk dan margarin untuk menumis secukupnya.

Simak cara membuat camilan macaroni yang lezat

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memanaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum.

Selanjutnya masukkan daging giling, aduk-aduk hingga berubah warna. Lalu masukkan makaroni dan wortel, aduk-aduk sampai rata sebentar.

Tambahkan garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk hingga rata kembali dan angkat. Kemudian tuang adonan makaroni dalam loyang aluminium foil ukuran 14 x 8 x 3 cm.

Begini loh cara membuat sausnya!

Pertama, panaskan margarin dan tambahkan tepung terigu sampai menjadi adonan berbutir-butir.

Kemudian tuang susu cair sedikit demi sedikit, aduk hingga menjadi adonan cair yang licin. Lalu masukkan keju cheddar parut, garam, merica bubuk, dan pala bubuk, masak sampai tekstur saus mengental.

Selanjutnya tuangkan adonan saus di atas adonan makaroni hingga rata. Lalu beri taburan keju cheddar parut merata di bagian atasnya.

Setelah itu, panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celsius selama 20 menit atau sampai matang dengan sempurna.

Jika sudah matang maka langsung angkat dan sajikan menu praktis resep macaroni panggang keju selagi hangat. Selamat mencoba!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait