Martabak Arab Nggak Ribet Kok, Buat Sendiri Aja di Rumah!

Tandaseru – Menu martabak bisa jadi pilihan mudah jika ingin makan siang yang nggak terlalu ribet dan mengenyangkan. Resep martabak Arab praktis ini bisa dibuat sendiri di rumah loh!

Martabak biasa yang dibeli di pinggir jalan memang enak dan pastinya bikin ketagihan, tapi kadang martabak tersebut tidak menggunakan minyak baru alias nggak sehat.

Agar lebih sehat dan menggugah selera, menu martabak telur khas Arab di bawah ini selain bercita rasa kuat tentu membuatnya pun mudah dan pastinya sehat.

Yuk buat resep martabak Arab praktis dengan bahan di bawah ini!

Siapkan bahan kulit 125 gr tepung terigu protein tinggi, 1/2 sdt garam, 60 ml air, 2 sdm minyak goreng dan minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan serta menggoreng

Kemudian, siapkan isian 300 gr daging sapi giling, 4 butir telur yang dikocok lepas, 2 sdt bumbu kari, 2 siung bawang putih yang dicincang, 5 batang daun bawang yang telah diiris dan 1 buah bawang Bombay yang dicincang.

Siapkan juga kacang polong matang secukupnya, garam dan merica secukupnya. Untuk kuah cuka martabak siapkan 2 sdm gula merah, sejumput garam dan 200 ml air atau secukupnya.

Lalu, 5 siung bawang merah yang diiris kasar, 10 buah cabai rawit yang diiris tipis, 1 sdm cuka, wortel dan mentimun secukupnya.

Foto Ilustrasi

Membuatnya juga mudah banget kok!

Kemudian, campur bahan kulit dan uleni merata sampai kalis. Kemudian, bagilah dalam beberapa bulatan, biarkan sekitar 5 menit kemudian rendam menggunakan minyak kurang lebih 40 menit-an.

Lalu, tumislah bawang bombay sampai layu serta harum, setelah itu masukkan bawang putih, tumis sampai harum, lalu masukkan semua sayuran dan tumislah sampai matang.

Jika sudah, masukkan daging dan tumislah sampai warnanya berubah, masukkan bumbu kari, garam serta merica secukupnya lalu aduklah merata.

Jangan lupa untuk tes rasa, jika kurang asin, tambahkan garam. Martabak ini akan lebih baik jika agak asin, sebab nanti akan dicampur telur.

Setelah matang, campurkan telur ke dalamnya dan sisihkan. Lalu, ambillah adonan dan lebarkan, isilah dengan isian tadi secukupnya.

Lipatlah rapi dan goreng pada penggorengan datar dan sesekali dibolak-balik, tapi jangan terlalu sering di bolak balik agar tak pecah dan jadi hancur.

Untuk kuah cukanya, rebuslah air kemudian masukkan gula merah serta sejumput garam. Kemudian, larutkan sampai kuahnya jadi.

Pada wadah lainnya, campurkan seluruh bahan sayur serta cuka. Lalu, tuang kuah tadi ke atas bahan-bahan itu, aduk merata. Jadilah cuka untuk martabak.

Nah, resep martabak Arab praktis sudah siap untuk di sajikan dan di santap deh, bisa buat camilan atau makan siang bersama nasi hangat!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -