Berasa Pulang Kampung, Buat Nasi Liwet Khas Sunda Aja di Rumah!

Tandaseru – Bagi orang kelahiran Jawa Barat, makanan satu ini mungkin tidak terlalu asing. Tapi momen pulang kampung masih setahun lagi. Untuk obati kangen, resep nasi liwet khas Sunda ini wajib di coba!

Indonesia memang kaya akan makanan dengan beragam cita rasa, salah satu olahan makanan khas daerah yang manarik adalah nasi liwet.

Hanya berbahan dasar beras, masyarakat Indonesia bisa mengolahnya jadi beraneka ragam masakan yang lezat sekalipun hanya menggunakan bumbu yang sederhana.

Citarasa gurih sekaligus cara membuatnya yang sangat mudah, menjadikan nasi liwet ini favorit untuk disantap beramai-ramai bersama keluarga di rumah.

Yuk siapkan bahan buat resep nasi liwet khas Sunda berikut ini!

Bahan pertama siapkan 500 gr beras putih, 150 gram ikan asin atau teri yang sudah digoreng, 1200 ml air, 8 siung bawang merah, 3 lembar daun salam, 3 batang sereh, garam dan 100 gram udang rebon yang sudah dicuci bersih serta digoreng sebentar.

Untuk memasaknya nggak ribet kok!

Agar mendapatkan rasa nasi liwet yang lezat, langkah pertama cucilah terlebih dahulu beras sampai bersih. Kemudian, masukkan air dengan beras yang tadi sudah dicuci bersih ke dalam rice cooker.

Selanjutnya, masukkan ikan asin atau boleh juga ikan teri, lalu masukkan juga daun sereh, daun salam, garam beserta bawang merah dalam beras di rice cooker tersebut atau bisa juga menggunakan panci.

Jika sudah, aduklah seluruh bahan sampai merata. Kemudian, masaklah menggunakan api kecil saja atau mulai tekan tombol masak jika menggunakan rice cooker dan tunggu hingga masak.

Setelah benar-benar telah masak, aduklah agar tak ada bagian nasi yang gosong ataupun lengket. Lalu, taburkan udang rebon ke dalamnya, aduklah kembali nasi.

Jika sudah tercampur dan aromanya sudah sedap, bisa langsung diangkat dan disajikan bersama dengan pelengkap bisa berupa telur dadar, tempe goreng dan bisa juga yang lainnya.

Akan lebih sempurna lagi jika dinikmati beramai-ramai dengan beralaskan daun pisang, pasti acara santap siang bersama jadi lebih meriah dan berkesan!

Nah, mudah banget kan resep nasi liwet khas Sunda di atas? Nggak perlu beli dan nggak perlu ribet bisa langsung dinikmati bersama.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait