Ramadan Tiba, Masak Nasi Tim Ayam Jamur Aja Untuk Berbuka!

Tandaseru – Puasa hari pertama memang butuh penyesuaian, terutama soal makanan untuk berbuka. Selain yang manis, resep nasi tim ayam jamur ini juga cocok untuk santapan utama buka puasa!

Seperti yang telah diketahui, tubuh yang biasa mendapat asupan makan siang, selama bulan Ramadan harus menyesuaikan diri. Makanan yang dikonsumsi pun tidak bisa yang langsung ekstrim.

Untuk puasa hari pertama, cobalah menyesuaikan diri agar perut tidak “kaget” dengan mengonsumsi nasi tim ayam jamur yang punya tekstur cukup lembut tapi bukan lembek seperti bubur dan tak pedas.

Bahan resep nasi tim ayam jamur!

Persiapkan bahan topingnya berupa 250 fillet daging ayam yang dipotong dadu, 100 gram jamur kancing kalengan yang diiris tipis, dan 5 butir bawang merah yang diiris tipis.

Kemudian siapkan 3 siung bawang putih yang telah digeprek, lalu cincang halus, 3 sdm kecap manis, 3 sdt kecap asin, 2 sdt saus tiram, 1 sdt minyak wijen gula, garam, lada bubuk, dan kaldu jamur secukupnya.

Lalu siapkan air secukupnya, margarin dan minyak goreng juga secukupnya untuk menumis. Sedangkan untuk bahan nasi siapkan 250 gram beras, 350 ml air kaldu ayam dan 1 sdt kecap manis

Selanjutnya 1 sdt kecap asin, 1 sdt saus tiram, 1 sdt minyak wijen dan kaldu jamur secukupnya. Untuk bahan pelengkap sediakan 2 butir telur rebus yang dibelah jadi dua bagian.

Ilustrasi

Cara memasak menu berbuka ini mudah kok!

Tahap awal buat toping nasi timnya terlebih dahulu dengan menumis bawang merah dan bawang putih sampai layu, kemudian masukan potongan ayam serta jamur, lalu aduk merata.

Jika sudah, beri air secukupnya dan tambahkan gula, garam, kecap manis, kecap asin, saus tiram, minyak wijen, gula, garam, kaldu jamur serta lada bubuk. Lalu masak sampai airnya menyusut.

Lanjutkan dengan membuat nasi, pertama panaskan minyak wijen, tumis beras sejenak. Tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tiram serta kaldu jamur, sambil terus diaduk.

Kemudian, tambahkan air kaldu dan biarkan sampai semua bumbu meresap dalam beras. Selanjutnya, tata topping ayam jamur dan telur rebus di dasar mangkuk, kemudian beri beras yang sudah dibumbui dan ratakan.

Setelah itu, kukus nasi tim ayam tersebut selama kurang lebih 40 menit sampai matang sempurna. Jika sudah matang, angkat resep nasi tim ayam jamur dari kukusan, dan sajikan selagi hangat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait