Yummy! Puding Karamel Lembut ini Siap Bikin Lidah Bergoyang

Tandaseru – Salah satu jenis puding yang tak kalah nikmat dengan puding lainnnya yaitu puding karamel. Puding karamel ini banyak diminati karena kelezatannya yang manis dan teksturnya yang lembut. Nah, bagi Anda yang ingin membuat resep puding karamel, bisa banget loh!

Puding karamel bisa Anda jadikan sebagai makanan penutup pada acara-acara seperti arisan, pengajian, ulang tahun atau sekedar camilan untuk keluarga di rumah.

Makanan manis ini siap membuat lidah siapa saja bergoyang. Langsung saja simak resepnya yuk!

Bahan-bahan resep puding karamel

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 500 ml susu cair, 1 sdt gelatin bubuk, larutkan dalam air 150 ml dan 2 kuning telur ayam.

Kemudian 125 g gula pasir, 1 sdt agar-agar bubuk warna putih, dan 1 sdm ekstrak vanili.

Sedangkan bahan untuk karamelnya yaitu 75 g gula pasir dan 75 ml air.

Cara membuat puding karamel lembut dan nikmat

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat karamelnya terlebih dahulu. Caranya, panaskan air lalu masukan gula pasir, aduk di atas api kecil hingga menjadi karamel.

Selanjutnya, angkat karamel dan tuangkan ke dalam loyang tahan panas. Lalu rebus susu dan gula di atas api kecil hingga larut.

Kemudian, masukan larutan gelatin dan agar-agar, aduk cepat hingga mengental. Jika sudah langsung sisihkan.

Setelah itu, masukan sedikit adonan susu ke dalam kuning telur dan aduk cepat hingga merata sempurna. Lalu, masukan lagi ke dalam adonan susu dan aduk rata.

Sentuhan terakhir, masukan adonan tersebut ke dalam loyang yang berisi karamel. Semakin lama disimpan, karamel akan semakin melekat dipermukaan puding.

Nah, sudah jadi deh! Anda bisa menambahkan buah-buahan sebagai pelengkap rasa manis dari puding karamel.  Mudah sekali ya? Selamat mencoba resep puding karamel diatas ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait