Rendang  Tempe Jadi Menu Buka Puasa yang Menggugah Selera

Tandaseru – Masakan rendang yang sering kita ketahui identik dengan olahan daging sapi yang kaya akan bumbu dan diolah berjam-jam. Tapi kali ini Tandaseru.id akan membagikan resep rendang tempe yang lezat dan lebih sederhana untuk diolah.

Selain rendang ayam, telur hingga paru, ternyata rendang tempe tak kalah menggugah selera. Nah, menu ini sangat cocok bagi Anda yang tidak suka daging atau ayam.

Olahan kedelai ini bisa dijadikan menu istimewa dengan bumbu rendang. Ingin membuatnya di rumah untuk menu berbuka puasa? Simak resep praktis rendang tempe berikut ini.

Bahan-bahan resep rendang tempe

Bahan utama yang perlu Anda siapkan yaitu 400 gram tempe, potong dadu lalu goreng kering. Kemudian 1.500 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa dan 2 cm lengkuas, dimemarkan.

Lalu 2 batang serai, dimemarkan, 2 lembar daun kunyit , 2 sendok teh garam dan 3/4 sdt gula pasir.

Bumbu halus rendang tempe terdiri dari 15 buah cabai merah keriting, 5 buah cabai merah besar, 15 butir bawang merah dan 5 siung bawang putih.

Sediakan juga 2 cm jahe, 5 butir kemiri disangrai, 2 sendok teh ketumbar dan 2 cm kunyit, dibakar.

Cara praktis membuat olahan rendang dengan tempe

Perhatikan langkah awal yang harus Anda lakukan, rebuslah santan dengan lengkuas, serai, daun kunyit, garam, dan bumbu halus sampai mendidih.

Jika sudah mendidih, tambahkan potongan tempe dan aduk hingga rata. Biarkan hingga berubah warna lalu aduk secara perlahan.

Setelah itu, masak hingga berminyak dan tempe matang, angkat lalu sajikan bersama nasi hangat dan lauk lainnya.

Bagaimana, mudah sekali untuk mengikuti resep rendang tempe diatas kan? Selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait