Nggak Susah Kok, Begini Buat Roti Maryam Ala Rumahan!

Tandaseru – Camilan ada beragam, mulai dari yang asin hingga yang manis, salah satunya yang perlu dicoba buat di rumah adalah resep roti Maryam ini!

Jangan salah sangka, roti satu ini bukan buatan seseorang bernama Maryam, tapi roti yang juga di kenal sebagai roti canai di Singapura dan Malaysia ini merupakan roti yang biasa dikonsumsi bersama kuah kari.

Tapi kali ini tidak disajikan dengan bentuk gurih menggunakan kuah kari. Roti Maryam di Indonesia lebih banyak disukai karena dijadikan dessert yang manis.

Memiliki tekstur yang berlapis-lapis dan lembut roti canai atau roti maryam ini biasa ditambah dengan taburan gula halus, siraman susu kental manis atau diisi dengan coklat dan keju.

Bahan pembuatan resep roti Maryam coklat ini mudah kok!

Persiapkan terlebih dahulu bahan keringnya berupa 300 gr tepung protein tinggi, 10 gr susu bubuk, 1/2 sdt garam dan 1 sdm gula halus.

Untuk bahan basahnya dari resep roti Maryam ini siapkan 1 butir telur ukuran sedang, 50 gr minyak dan 150 ml air hangat, lalu siapkan juga bahan tambahan berupa mentega, meises dan minyak secukupnya.

Memasak roti Maryam ini juga simple!

Langkah awal pada resep roti Maryam adalah mencampurkan seluruh bahan basah dalam campuran bahan kering yang sudah disiapkan tadi.

Lalu, aduklah merata sampai tidak lengket di tangan alias kalis dan permukaannya jadi licin. Jika sudah jadi adonannya, langsung ditimbang dan bagi rata jadi 8 bulatan.

Setelah itu, rendam kedelapan bulatan tersebut dalam minyak, selama 1 sampai 2 jam sebelum masuk tahap selanjutnya pada resep roti Maryam. Jika ingin lebih elastis adonannya, bisa biarkan di dalam minyak sampai 8 jam.

Jika sudah cukup direndam, ambil satu bulatan adonan dan ratakan sampai tipis. Lalu , oleskan dengan mentega merata ke seluruh permukaan, kemudian taburi meises dan gulung adonan tersebut.

Kemudian, gulung adonan dari kedua sisi hingga membentuk huruf S, setelah itu angkat salah satu gulungannya, timpa dengan gulungan lainnya. Barulah diratakan kembali bulatan tersebut.

Lakukan hal yang sama hingga seluruh adonannya habis, hasilnya nanti adonan berbentuk bulat pipih dan berlapis, jika semua sudah selesai diamkan selama 10 menit.

Selanjutnya, panggang adonan yang telah didiamkan tersebut pada teflon anti lengket menggunakan api kecil saja hingga matang dikedua sisinya.

Kemudian bisa langsung diangkat dan disajikan selagi hangat, boleh diberi taburan gula halus atau susu kental manis, mudah bukan membuat resep roti Maryam ala rumahan tersebut?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait