Kamu Pecinta Pedas? Wajib Cicip Rujak Aceh yang Super Segar Ini

Tandaseru – Bagi Anda pencinta makanan pedas, rujak Aceh menjadi makanan wajib yang harus dicicipi. Coba buat sendiri saja di rumah, resep rujak Aceh dari bahan hingga bumbunya cukup mudah dibuat kok.

Rujak Aceh juga dikenal dengan sebutan rujak Kweni karena memiliki kuah mangga bertekstur halus. Rasanya asam pedas dari perpaduan buah mangga dan cabai.

Apalagi jika rujak ini disimpan dulu dalam kulkas, rasanya akan semakin segar. Ingin menikmati rujak Aceh yang menyegarkan ini? Simak resep dan cara membuatnya ya.

Bahan-bahan resep rujak Aceh

Bahan utama yang perlu disiapkan adalah 1 bh kueni, ambil daging buahnya. Kemudian gula pasir secukupnya (bisa dicampur dengan gula merah).

Lalu sejumput garam, 1 sdt asam Jawa, beri sedikit air, ambil air asamnya, 1 gelas air dan 5 buah cabai rawit merah secukupnya.

Buah-buahan segar yang sudah dipotong terdiri dari buah nanas, kedondong, salak manis, pepaya mengkal dan kolang-kaling yang sudah direbus dengan gula pasir, kemudian saring.

Perhatikan cara membuat rujak yang menggugah selera

Langkah awal yang harus Anda lakukan ialah merebus satu gelas air, tambahkan gula pasir dan cabai serta sejumput garam. Tunggu uapnya hilang.

Selanjutnya, blender daging buah kueni bersama dengan rebusan air tadi. Lalu tambahkan air asam Jawa.

Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya, jika dirasa kurang manis atau kurang pedas bisa tambahkan gula dan cabai.

Setelah itu, masukkan saus kueni ke dalam potongan buah, lalu aduk-aduk sampai merata sempurna.

Potongan buah nanas, bengkuang, pepaya mengkal, dan lainnya menambah kenikmatan rujak ini. Simpan dalam kulkas sampai dingin kemudian hidangkan.

Bagaimana, resep rujak Aceh diatas sangat mudah bukan? Selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait