Bikin Sambal Matah Kecombrang yang Segar Yuk!

Tandaseru – Banyak varian sambal Indonesia yang menyajikan kesegaran dan cita rasa yang berbeda, salah satunya adalah resep sambal matah kecombrang yang bakal bikin mata melek.

Sambal matah sendiri merupakan sambal khas dari Bali. Sambal yang disajikan mentah dengan cara diiris tipis ini bisa ditambahkan kecombrang agar lebih sedap.

Cara membuatnya juga sangat mudah, loh. Penasaran bagaimana membuat sambal kecombrang? Simak resep lengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan resep sambal matah kecombrang

Bahan utama yang perlu Anda siapkan yaitu 1 buah kecombrang. Kemudian 10 siung bawang merah, 15 buah cabai rawit, dan 2 buah cabai merah.

Sediakan 3 batang serai, ambil bagian tengah/putihnya saja, 2 buah jeruk nipis, 2 lembar daun jeruk, dan 1/2 sdt terasi. Kemudian 2 sdm minyak atau secukupnya, garam dan gula secukupnya.

Cara mudah membuat sambal matah kecombrang yang segar

Langkah pertama, iris tipis semua bahan sambal. Kemudian panaskan minyak, masukkan terasi dan hancurkan pada minyak panas.

Tak membutuhkan waktu yang lama dalam membuat sambal ini, selanjutnya Anda tinggal masukkan semua bahan iris dan aduk rata, lalu matikan api.

Nah, sudah jadi deh. Sambal yang menggugah selera sudah siap disajikan dengan nasi hangat dan lauk favorit lainnya. Selamat mencoba resep sambal matah kecombrang ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait