Seenak Rendang, Sapi Bumbu Bali ini Wajib Dicoba!

Tandaseru – Menyantap rendang pasti sudah sering, tapi bagaimana jika mencoba resep sapi bumbu Bali yang tampilannya hampir mirip dengan rendang, apakah kelezatannya sama?

Layaknya makanan pedas lainnya, sapi bumbu Bali ini juga diperuntukkan bagi para penggemar makanan pedas. Daging sapi yang segar, diolah dengan sambal pedas dan sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat.

Jika rendang disajikan di rumah makan Padang atau untuk acara khusus seperti hari raya Idul Fitri, sapi bumbu Bali ini juga biasa disajikan saat acara selamatan di kota asalnya, Bali.

Daripada harus jauh-jauh ke Bali untuk mencicipi kelezatan daging bumbu Bali, lebih baik langsung buat sendiri saja di rumah, mudah kok.

Bahan membuat resep sapi bumbu Bali!

Siapkan bahan sapi bumbu Bali berupa 500 gr daging sapi has dalam yang sudah dipotong-potong, 2 batang serai yang dimemarkan, 15 buah rawit terdiri dari 10 utuh dan 5 diiris halus.

Selanjutnya siapkan 5 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas yang digeprek, 5 sdm kecap manis, 1/2 sdm garam, 3 sdt gula, 2 sdt air asam jawa pekat, 2 sdt kaldu bubuk dan air sisa rebusan sapi secukupnya.

Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan, 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 12 buah cabai merah keriting, 2 buah cabai merah besar, 4 buah kemiri yang dibakar sebentar dan 1 ruas jahe.

Cara mengolahnya sederhana!

Hal yang perlu dilakukan untuk membuat sapi bumbu Bali ini adalah dengan merebus daging sapi terlebih dahulu sampai setengah empuk, sekitar setengah jam atau 30 menit lamanya.

Setelah itu, baru tiriskan daging tersebut dan sisihkan. Tapi ingat airnya jangan dibuang. Setelah itu, panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas sampai harum dan matang.

Jika bumbu bali sudah tercium aroma sedapnya, masukkan sapi yang direbus tadi, lalu kecap manis, gula, garam, air asam jawa, kaldu bubuk dan cabai rawit. Langsung diaduk sampai merata.

Selanjutnya, tuangkan kuah rebusan sapi tadi secukupnya saja sampai merendam daging. Lalu tutup panci tersebut, masak sampai air kaldunya menyusut semua.

Setelah menyusut, buka dan cicipi rasanya, jika belum sedap bisa ditambahkan garam atau jika terlalu pedas beri gula sedikit.

Kemudian, angkat sapi bumbu Bali tersebut, lalu sajikan pada piring saji sambil diberi taburan bawang goreng di atasnya sebagai pelengkap.

Itulah resep sapi bumbu Bali yang mudah dan bisa Anda praktikan sendiri di rumah. Menu ini dapat Anda sajikan diberbagai kesempatan terutama untuk sajian acara khusus.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait