Mau yang Segar-segar, Cobain Sayur Asem Betawi ini!

Tandaseru – Menyantap makanan berkuah dan segar paling nikmat saat makan siang tiba, resep sayur asem betawi ini bisa jadi pilihan menarik loh!

Mungkin Anda hanya tahu sayur asem itu memiliki satu tipe yang sama di setiap lokasi. Tapi ternyata sayur asem punya kekhasannya tersendiri di setiap daerah.

Mulai dari segi bahan hingga cita rasa yang ditonjolkan, seperti salah satunya sayur asem Betawi ini yang khas dengan kuahnya yang lebih bening daripada sayur asem lainnya karena tanpa menggunakan kemiri.

Tidak itu saja, sayur yang digunakan juga jauh lebih banyak macamnya, karena terdapat tambahan terung bulat, kecipir hingga pare. Ciri khas pada sayur asem lainnya adalah keberadaan oncom dan kacang kulit di dalamnya.

Uniknya lagi, sayur asem Betawi ini punya 3 jenis varian, yaitu sayur asem oncom, sayur asem kangkung dan sayur asem bewek jengkol.

Bahkan agar menambah rasa gurih dari sayur asem Betawi ini, terkadang ada yang menambahkan tetelan. Tidak terlalu sulit membuatnya kok, Anda bisa memasak sayur asem tersebut di rumah.

Bahan-bahan untuk resep sayur asem Betawi ini mudah didapat!

Siapkan bahan pembuat sayur asem Betawi berupa 1 bungkus bahan sayur asem (biasanya tersedia di pasar terjual dalam kemasan yang terdiri dari labu siam, daun melinjo, melinjo, kacang panjang, jagung dan terung)

Lalu siapkan 2 sdm asem, 2 ruas lengkuas geprek dan 2 lembar daun salam. Siapkan juga bahan tambahan berupa 200 gram daging tetelan yang direbus sampai empuk, 50 gram nangka muda yang direbus sekitar 10 menit.

Kemudian siapkan 1 buah terung bulat, 50 gram oncom, segengam kacang kulit atau kacang tanah, 1 bonggol jagung yang dipotong-potong, tapi bisa dilewatkan, karena hanya tambahan.

Selanjutnya sediakan 600 ml air, 1 sdm garam, 1 sdm gula pasir, 1/2 sdt kaldu bubuk yang juga bisa dilewatkan. Untuk bumbu yang dihaluskan siapkan 5 siung bawang merah, 1 buah cabe merah, 2 buah cabe keriting, 1 sdt terasi bakar dan 7 buah cabe rawit.

Cara pembuatan menu satu ini mudah kok!

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat sayur asem Betawi adalah didihkan air, kemudian masukkan daging tetelan, jagung, nangka, kacang kulit atau kacang tanah, melinjo, daun salam dan lengkuas.

Setelah itu baru masak semua bahan hingga jagungnya matang. Kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama asam, garam, gula dan kaldu bubuk.

Selanjutnya masak hingga mendidih kembali, barulah masukkan sisa sayuran lainnya beserta oncom, dan aduklah merata.

Masak semua bahan sayur asem Betawi hingga sayurnya matang, jangan lupa untuk mengoreksi rasanya. Jika sudah pas, bisa langsung diangkat.

Lalu, sajikan sayur asem Betawi bersama nasi panas, tempe goreng dan ikan asin agar semakin nikmat menyantapnya. Makan siang Anda jadi menyegarkan deh!

Mudah bukan membuat resep sayur asem Betawi tersebut di atas? Sekarang semakin tahu kan kalau sayur asem itu ada banyak jenisnya, selamat mencobanya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait