Nikmatnya, Sayur Babanci Khas Betawi yang Unik

Tandaseru – Sayur Babanci merupakan akulturasi rasa khas dapur Arab dan rempah betawi. Resep sayur babanci sangat khas karena sayur ini menggunakan bumbu yang unik dan jarang ditemui.

Penampilannya juga tak kalah menarik, karena bentuknya mirip soto dan gulai tapi tidak memiliki rasa soto maupun gulai.

Sayur babanci asalnya dari nama ‘bebanci’ dan makanan ini hanya ada saat hajatan. Langsung saja intip resep masakan khas Betawi.

Bahan bahan resep sayur sayur babanci

Siapkan bahan utamanya yaitu 500 gr daging sapi, dan 100 gr daging tetelan sapi. Lalu siapkan 1 liter air, 2 sdm minyak sayur, 3 lembar daun salam, dan 3 batang serai dimemarkan.

Kemudian 2 sdm gula merah sisir, 1¼ sdt garam, 1 ltr santan encer dari 1 butir kelapa, dan 300 ml air kelapa muda.

Sediakan juga 250 ml santan kental dari ½ butir kelapa, 2 sdm kelapa parut sangria dan 2 butir kelapa muda ambil dagingnya.

Bumbu 1 yang akan dihaluskan yaitu 50 gr cabai merah, 7 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 butir kemiri, sangria, 2 cm jahe, dan 2 cm kunyit, bakar.

Bumbu  2 yang akan disangrai dan dihaluskan adalah bisa di siapkan ½ sdm ketumbar, ½ sdm jintan, ½ sdm kedaung, ½ sdm botor, dan ½ sdm tai angina.

Nah, untuk pelengkap sayur babanci yang siapkan kerupuk emping, dan bawang merah goreng,

Cara mudah membuat sayur babanci

Tahap awal yang perlu Anda lakukan adalah siapkan panci untuk merebus daging tetelan bersama air hingga matang dan empuk. Angkat dan saring.

Setelah matang, sisihkan kaldunya dan panaskan minyak. Lalu tumis bumbu 1, daun salam, dan serai hingga harum. Tambahkan gula merah, garam, aduk rata dan angkat.

Kemudian masukkan bumbu ke dalam kaldu. Lalu panaskan kembali kaldu di atas api kecil. Tuang air kelapa muda dan santan.

Kemudian masukkan daging dan tetelan. Masak sambil diaduk perlahan hingga mendidih (jaga agar santan tidak pecah).

Setelah itu, masukkan bumbu 2 dan kelapa sangrai. Masak hingga bumbu meresap, lalu masukkan daging kelapa muda, aduk rata dan angkat.

Setelah matang, sajikan selagi panas disertai pelengkap makanan. Semoga resep sayur babanci khas betawi ini bisa Anda coba dirumah. Selamat memasak!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait