Sahur yang Bikin Adem? Masak Sayur Bobor Sawi Aja

Tandaseru – Ingin sahur yang sehat dan bikin adem perut? Coba masak resep sayur bobor sawi yang bisa menghangatkan sekaligus buat pencernaan terasa sejuk oleh sayuran.

Seperti yang banyak orang tahu, selain buah, sayuran juga sangat baik untuk pencernaan. Sawi yang merupakan salah satu sayuran sumber vitamin dan mineral ini juga bagus dikonsumsi terutama saat sahur.

Sawi adalah sayur yang kaya akan vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Selain itu, sawi juga kaya antioksidan serta mampu membantu detoks untuk tubuh.

Tidak perlu repot mengolah sawi, cukup direbus, ditumis, dimasak bening atau bobor juga bisa. Kali ini mari coba resep bobor sawi yuk!

Bahan untuk resep sayur bobor sawi

Persiapkan terlebih dahulu bahan utamanya yaitu 1 ikat sayur sawi yang dipotong sesuai selera, lalu dibuang batang bagian pangkalnya.

Selanjutnya siapkan 4 siung bawang putih yang dimemarkan, lalu diiris tipis, kemudian 2 siung bawang merah yang diiris halus, 1 cm rempah kencur yang dihaluskan, ketumbar secukupnya, yang dihaluskan, garam, gula, kaldu ayam bubuk dan santan kelapa juga secukupnya.

Ilustrasi

Pengolahannya pun mudah!

Awalnya membuat bobor sawi ini dengan merebus terlebih dahulu sayur sawi menggunakan air sampai mendidih dan sawinya cukup empuk.

Setelah itu, baru masukkan bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kencur yang sudah dihaluskan ke dalam rebusan sawi tadi, lalu diaduk merata.

Kemudian, tambahkan garam, gula dan kaldu ayam secukupnya disesuaikan dengan selera. Jangan lupa dikoreksi rasanya.

Selanjutnya, masukkan santan kelapa dan masak semua bahan sampai mendidih serta sayur sawi matang sempurna. Kembali koreksi rasanya, baru angkat sayur sawi dan bisa langsung disajikan.

Mudah bukan membuatnya, dan tidak perlu menggunakan banyak bahan. Akan cocok bagi Anda yang sering bangun terlambat untuk bangun sahur lebih awal, karena sangat sederhana.

Resep sayur bobor sawi ini paling nikmat jika disantap dengan nasi hangat, jika Anda penyuka pedas, bisa ditambahkan sedikit potongan cabai agar rasa pedasnya tetap terasa.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait