Menu Tak Biasa di Idul Adha? Cobain Semur Lidah Sapi Aja

Tandaseru – Perayaan Idul Adha tak lengkap tanpa menyantap hidangan serba sapi atau kambing. Agar tak biasa, coba resep semur lidah sapi ini untuk acara Idul Adha kali ini!

Memang lidah sapi jadi salah satu bagian dari daging sapi yang cukup sulit dicari di pasaran, tapi saat Idul Adha, bagian satu ini mungkin jadi lebih banyak tersedia.

Memiliki rasa yang khas dengan tekstur yang kenyal dan lebih empuk, memang lidah sapi jadi incaran banyak orang. Lidah sapi ini dapat diolah jadi beragam masakan, yang akan cocok untuk perayaan Idul Adha adalah dengan cara disemur.

Bahan pembuatan resep semur lidah sapi!

Siapkan bahan untuk semur lidah sapi berupa 2 buah lidah sapi yang kurang lebih 500-700 gr, lalu siapkan bumbunya berupa 1 ruas jahe yang di hancurkan.

Kemudian, 1 batang kayu manis, 2 lembar daun salam, 5 buah cengkih, 3 sdm kecap manis, 1 sdm kecap asin, garam dan gula secukupnya.

Sedangkan untuk bumbu halus semur lidah sapi, siapkan 5 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 3 buah cabai rawit, 1 butir pala, 1/2 sdt pala bubuk dan 1 sdt merica bubuk.

Langkah pengolahannya mudah kok!

Langkah pertama untuk memasak semur lidah sapi ini adalah dengan merebus air lalu memasukkan lidah sapi ke dalamnya dan direbus sampai matang serta kulit luarnya mengelupas.

Jika sudah barulah ditiriskan dan kupas semua kulit luarnya yang mengelupas tadi, kemudian baru dipotong-potong tipis tapi jangan terlalu tipis.

Kembali rebus lidah sapi yang telah terpotong-potong tadi sampai benar-benar matang dan mengeluarkan kaldu. Setelah itu pada wajan berbeda tumis bumbu halus sampai jadi harum.

Selanjutnya, masukkan daun salam, jahe serta kayu manis. Terus tumis lagi sampai mengeluarkan aroma sedap. Kemudian tuangkan kaldu dari lidah sapi beserta lidah sapinya yang telah dipotong-potong.

Masak semua bahan sampai mendidih, lalu masukkan kecap manis, kecap asin dan gula garam secukupnya. Jangan lupa untuk tes rasa, jangan sampai terlalu asin atau hambar.

Pastikan daging lidah sapinya empuk dan kuah semur mengental, jika sudah seperti itu baru bisa diangkat dan langsung disajikan.

Paling nikmat menyantap menu semur lidah sapi ini dengan nasi hangat dan kerupuk. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga saat Idul Adha.

Nah, bisa jadi inspirasi menu perayaan Idul Adha Anda bukan resep semur lidah sapi di atas? Selamat berlebaran teman-teman!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait