Ngemil Seafood? Masak Camilan Serba Udang ini Aja

Tandaseru – Makan camilan seafood memang lezat apalagi jika buat sendiri di rumah. Salah satu yang bisa dibuat adalah resep serba udang ini loh!

Ada dua resep serba udang yang bisa dicoba langsung di rumah dengan bahan yang sederhana dan praktis. Tidak hanya jadi camilan, bisa juga jadi menu utama yang disantap dengan nasi hangat.

Resep serba udang pertama adalah tempura udang kriuk!

Untuk menikmati tempura udang yang kriuk tidak terlalu susah, kok. Bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan yaitu 500 gram udang, 250 gram tepung roti dan 200 gram tepung terigu.

Kemudian siapkan juga, 2 butir telur ayam, 1 buah jeruk nipis, 1/2 sdm lada putih, 1/2 sdm garam dan 1/2 sdm bubuk bawang putih.

Pembuatannya mudah, cuci bersih udang terlebih dahulu, dengan ekornya yang tidak dibuang. Kemudian, lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis, garam serta lada putih.

Jika sudah, diamkan selama 10 menit. Lalu, campur tepung terigu beserta bubuk bawang putih dan balurkan pada udang. Kocok lepas telur, lalu celupkan udang dalam kocokan telur tersebut.

Lalu, gulingkan di tepung roti sambil sedikit ditekan agar lebih melekat. Setelah itu simpan dalam kulkas selama 15 sampai 20 menit. Kemudian, panaskan minyak menggunakan api kecil, goreng udang sampai jadi kecoklatan, lalu diangkat.

Resep serba udang kedua adalah bakwan udang sayuran

Perpaduan gurih dan tekstur yang renyah pasti buat ketagihan. Membuatnya tidak perlu waktu lama. Resep serba udangsatu ini bisa dimulai dengan menyiapkan sejumlah bahannya terlebih dahulu.

Persiapkan 2 buah wortel yang dipotong korek tipis, 50 gr taoge, 100 gr udang segar yang dibuang kepalanya dan dicuci bersih, lalu 100 gr tepung terigu.

Kemudian siapkan 25 gr tepung tapioka, 1 butir telur, 125 ml santan cair, 2 butir bawang merah yang dicincang halus, 3 siung bawang putih yang dicincang halus, 2 sdm irisan daun bawang, 1/2 sdt lada putih bubuk dan 1 sdt garam halus.

Cara buatnya pun mudah, cuci bersih wortel, taoge dan daun bawang terlebih dahulu. Kemudian, campur semuanya dan sisihkan.

Lalu, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, telur, santan, bawang merah, bawang putih, lada dan garam pada sebuah wadah. Aduk hingga tidak ada yang bergerindil, baru masukkan sayuran yang ditiriskan tadi.

Jika memiliki cetakan gorengan boleh menggunakannya, tapi jika tidak ada bisa cukup menggunakan sendok sayur saja, yang direndam dalam minyak panas.

Untuk memasak gorengannya, sendokkan campuran adonan sayur tadi ke dalam cetakan atau sendok sayur. Kemudian letakkan udang di atasnya.

Goreng sampai jadi kuning keemasan, lalu angkat dan sajikan bersama cabai rawit atau boleh sambal kesukaan keluarga.

Mudah sekali bukan membuat kedua resep serba udang di atas? Keduanya bisa dinikmati jadi camilan, bisa juga jadi menu utama yang disantap bersama nasi hangat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait