Khas dan Unik, Makan Sop Ubi Makassar Buatan Sendiri Aja!

Tandaseru – Mungkin Anda baru mendengar ubi dijadikan sop, tapi bagi masyarakat Makassar, resep sop ubi Makassar ini sudah sangat khas di sana!

Ubi adalah jenis umbi-umbian yang cukup akrab untuk dijadikan gorengan. Tapi bagaimana jika ubi tersebut dijadikan sop layaknya sop ayam, sop sayuran atau sop daging?

Sop ubi yang merupakan makanan khas Makassar, adalah menu dengan rasa yang unik dan enak. Tidak perlu sulit memasaknya sendiri di rumah.

Karena sop ubi ini punya bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan dan mudah untuk diolah. Menyantapnya bisa kapan saja, mulai dari sarapan hingga makan malam.

Apa saja bahan resep sop ubi Makassar?

Bahan utama pembuatan resep sop ubi ini adalah 1 buah singkong atau ubi kayu yang sudah dikupas dan dipotong dadu.

Lalu siapkan juga 300 gr daging sapi atau ayam dan tetelan ayam, air secukupnya, 1 sdt kaldu ayam atau secukupnya dan garam secukupnya.

Untuk bahan bumbu halus siapkan 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 2 butir kemiri, 1/2 sdt ketumbar dan sejumput jintan

Sedangkan untuk bahan pelengkap sop ubi ini siapkan 2 butir telur rebus yang dibelah dua, tauge secukupnya yang direbus sebentar.

Lalu bihun secukupnya yang telah direbus, kacang tanah goreng, daun bawang dan daun seledri yang sudah diiris serta bawang goreng.

Cara pengolahannya pun mudah!

Setelah semua bahannya didapatkan, langsung masuk ke cara pembuatan sop ubi Makassar ini. Langkah pertama tumis bumbu halus yang sudah disediakan sampai matang lalu diangkat.

Kemudian, rebuslah air pada panci sampai mendidih, barulah masukkan daging dan masak sampai mendidih lagi. Lalu saring airnya agar tak bercampur dengan busa serta kotoran.

Jika sudah, masukkan bumbu halus ke dalam air kaldu sop ubi Makassar tadi. Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya, jangan sampai hambar.

Selanjutnya tambahkan kaldu bubuk serta garam secukupnya sampai rasanya sedap dan sesuai dengan selera. Sementara itu pada wadah berbeda, kukus ubi kayu sampai matang.

Kemudian goreng ubi tersebut sampai jadi kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan. Setelah semua siap, mulai penyajiannya.

Pertama, tata bihun dalam mangkuk saji bersama dengan ubi goreng, telur dan tauge. Barulah tuangkan kuah sop ubi dan potongan daging tadi.

Sebagai pelengkap taburi dengan daun bawang, kacang goreng dan bawang goreng di atasnya. Sop ubi lebih enak disajikan saat masih hangat bersama sambal rawit dan nasi hangat.

Nah, sangat mudah bukan membuat resep sop ubi Makassar di atas? Bahannya mudah didapat, cara mengolahnya juga tidak sulit, dan rasanya pasti enak!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait