Nggak Perlu Mesin Mahal, Sostel Kekinian ini Enak di Buat Sendiri!

Tandaseru – Makanan yang sedang kekinian layaknya es kepal milo pasti dicari banyak orang, seperti Sostel atau Sosis Telur. Agar tidak harus beli, coba resep Sostel kekinian tanpa mesin mahal ini yuk!

Kuliner saat ini berkembang pesat, sejak mesin egg roll yang konon berasal dari Jepang muncul, mendadak banyak orang yang ingin mencicipi Sosis telur buatan mesin tersebut.

Memang mudah, hanya tinggal memasukkan sebuah sosis utuh, dan mencampurkan dengan telur dan isian lainnya, lalu beri tusukan sate dan menunggu hingga matang dan naik ke permukaan.

Tapi sayang, mesin sostel isi 2, saja seharga kurang lebih Rp350.000. Jika untuk ukuran lebih besar yang berisi 10, harganya bisa Rp1,6 Juta.

Dibandingkan harus beli mesin mahal-mahal, Anda tetap bisa membuat sostel sendiri kok di rumah, tanpa mesin mahal tersebut. Cukup dengan plastik es berbentuk silindris atau cetakan es loli, dan stik es krim.

Resep Sostel kekinian tanpa mesin mahal ini bahannya mudah didapat!

Siapkan 4 butir telur, 4 buah sosis, daun bawang yang sudah dirajang, seledri yang telah dirajang, wortel yang diparut, keju cheddar yang diparut, penyedap rasa dan garam.

Untuk peralatannya, siapkan plastik es loli. Agar lebih aman, bisa gunakan cetakan es yang tahan panas ketika dikukus dan stik es krim.

Bahan sudah, langsung membuatnya saja yuk!

Langkah pertama pecahkan telur, kemudian kocok lepas. Selanjutnya, masukkan daun bawang, seledri, wortel, keju, penyedap rasa beserta garam. Lalu, kocoklah kembali sampai benar-benar merata.

Jika sudah, masukkan dalam plastik es loli lalu ikatlah kuat bersama sosis di dalamnya menggunakan karet. Seperti yang telah dijelaskan, jika tidak ingin menggunakan plastik es loli, Anda bisa memakai cetakan es dengan plastik yang food grade serta tahan panas.

Kemudian, selipkan stik es krim tepat di tengahnya. Lalu, kukuslah sosis telor tersebut hingga matang sempurna. Jika telah matang, bisa keluarkan segera dari cetakan.

Setlah selesai dikukus, gorenglah sostel sejenak menggunakan minyak panas. Tapi sebelumnya boleh diberikan lumuran telur serta tepung panir sesuai selera saja.

Nah, tidak perlu lama, sostel siap disantap. Tapi agar lebih nikmat biasanya sostel ini ditemani dengan saus sambal beserta mayonaise.

Bagaimana, mudah banget kan membuat resep Sostel kekinian tanpa mesin mahal ini? Ayo, buruan coba di rumah agar anak-anak nggak jajan di luar lagi!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -