Soto Kudus Ayam Kampung yang Nikmat dan Bikin Nagih, Bikin di Rumah Yuk!

Tandaseru – Ingin masak soto kudus menggunakan ayam kampung? Meski awalnya soto ini menggunakan daging kerbau. Tapi kini daging kerbau mulai tergantikan oleh daging ayam karena teksturnya yang lebih empuk. Nah, conain bikin resep soto kudus ayam kampung yuk.

Soto kudus khas dengan suwiran daging ayam, taoge dan telur rebus. Soto ini bisa dijadikan sebagai salah satu kreasi hidangan lezat untuk keluarga Anda di rumah.

Langsung simak saja yuk, resep mudah soto kudus menggunakan ayam kampung.

Bahan-bahan resep soto kudus ayam kampung

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 1 ekor ayam kampung, potong-potong. Kemudian 2 batang serai, memarkan, 3 lembar daun salam, dan 3 lembar daun jeruk.

Sediakan 2 batang daun bawang, potong-potong, 2 sdm gula merah, sisir, garam dan merica bubuk secukupnya dan air secukupnya.

Bumbu halus soto kudus terdiri dari , 5 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, 4 butir kemiri, 2 ruas kunyit, 2 ruas jahe, 1/2 sdt ketumbar, dan sejumput jinten.

Siapkan juga bahan pelengkap soto kudus yaitu, tauge rebus, bawang goreng, sambal rawit, seledri, iris tipis, jeruk nipis,  dan emping atau keripik kentang.

Cara mudah membuat soto kudus di rumah!

Langkah pertama dalam membuat soto kudus adalah dengan merebus ayam hingga matang, tiriskan dan buang air rebusannya yang kotor.

Kemudian ganti dengan air lain, rebus lagi hingga keluar kaldunya atau hingga ayam empuk. Lalu tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun salam, daun bawang, daun jeruk, dan serai hingga sedap.

Selanjutnya, tuang 2 sendok sayur kaldu ayam, masukkan daun bawang, masak lagi hingga bumbu mendidih dan sedap.

Setelah itu, masukkan ke panci ayam yang sedang direbus, aduk-aduk rata. Lalu tambahkan gula merah, garam dan merica bubuk secukupnya.

Jika sudah, tiriskan ayam, dan suwir-suwir secukupnya. Kemudian tata nasi dengan suwiran ayam dan tauge rebus, tuang kuah soto kudus dan beri bahan pelengkap di atasnya.

Nah, soto kudus ala kampung yang nikmat dan lezat sudah siap dinikmati selagi hangat. Bagaimana, mudah sekali bukan? Selamat mencoba resep soto kudus kampung ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait