Ingin Menu Praktis? Masak Tofu Asam Manis Saja di Rumah

Tandaseru – Bagi yang memiliki mobilitas tinggi terutama di pagi hari, tentu butuh waktu singkat untuk menyiapkan sarapan. Resep tofu asam manis ini bisa jadi pilihan yang cocok!

Makanan satu ini tidak hanya menggugah selera, tapi juga bisa dijadikan menu sarapan yang praktis karena dapat dibuat hanya dalam waktu kurang dari 20 menit saja.

Sausnya memiliki cita rasa asam, manis dan sedikit pedas yang pasti membuat sarapan pagi Anda semakin meriah. Tidak hanya untuk sarapan, tapi tofu asam manis ini bisa dicoba jadi salah satu alternatif bekal makan siang anak.

Bahan membuat resep tofu asam manis!

Persiapkan bahan utama tofu asam manis berupa 1 bungkus tofu yang dipotong-potong, lalu 1 buah sosis yang juga dipotong-potong miring (boleh ditambah sesuai selera).

Kemudian, 2 sdm sayuran beku yang direbus selama 2 menit, 1 siung bawang putih yang digeprek lalu diiris-iris dan 1 buah bawang bombai yang diiris-iris.

Selanjutnya siapkan 2 sdm saus tomat, 1 sdm gula pasir, 2 sdt kecap asin, 1 sdm saus sambal yang bisa ditambah bila ingin lebih pedas, 1/2 sdm kecap inggris, 50 ml air dan 1/2 sdm meizena yang dicampur 1 sdm air dan diaduk rata.

Ilustrasi

Proses pembuatannya pun mudah!

Pertama, goreng terlebih dahulu potongan tofu hingga kedua sisinya berwarna kuning kecokelatan. Barulah diangkat dan ditiriskan.

Namun, apabila tidak suka dengan tofu yang digoreng, tofu asam manis juga bisa dikukus selama 5 menit. Selanjutnya untuk membuat tofu asam manis, tumislah bawang putih dan bawang bombai hingga harum.

Baru masukkan potongan sosis lalu masak sejenak. Lanjutkan dengan memasukkan saus tomat, saus sambal, kecap inggris, gula pasir, kecap asin dan air sambil diaduk rata.

Kemudian, jangan lupa koreksi rasanya, baru tambahkan sayuran beku ke dalamnya. Tambahkan larutan meizena yang sudah disiapkan, aduk rata lalu masak hingga jadi mengental.

Baru yang terakhir, masukkan tofu yang tadi telah digoreng atau di rebus tadi dan aduk rata kembali. Setelah matang, tofu asam manis siap disajikan ditemani nasi hangat untuk menu sarapan.

Mudah bukan membuat resep tofu asam manis di rumah? Jadi semakin beragam menu praktis yang bisa dibuat sendiri deh!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait