Makan Siang Simpel? Masak Resep Tongseng Ati Ampela

Tandaseru – Setelah lebaran bertemu opor atau rendang, coba menu yang sedikit berbeda yaitu resep tongseng ati ampela yang biasanya hanya di tumis atau dibuat sate!

Masih dalam suasana lebaran, tapi makanan yang dimasak agar tidak membosankan, sedikit diberikan sentuhan berbeda dari makanan khas lebaran seperti opor.

Menu satu ini biasanya juga jadi salah satu favorit. Tidak hanya dijadikan sambal goreng ati, Anda juga bisa mencoba untukn dijadikan tongseng yang khas dengan kuahnya yang agak kental dan gurih.

Bahan untuk resep tongseng ati ampela!

Siapkan bahan tongseng berupa 7 buah ati ampela yang direbus, dan dipotong-potong, 100 gram kol yang diiris-iris dan 1 buah tomat yang sudah dipotong-potong.

Kemudian siapkan 1 batang sereh yang diambil putihnya, lalu digeprek, 1 sdm kecap manis, 150 ml air, 1 sdt garam, 1/4 sdt kaldu jamur dan 1 sdt gula pasir.

Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1/2 sdt kunyit bubuk, 1 buah cabe merah dan 2 buah cabe keriting.

Lalu 3 buah cabe rawit, 1 sdt lada putih, 1 cm jahe, 3 buah kemiri yang disangrai serta 1/2 sdt ketumbar yang disangrai.

Ilustrasi

Langkah pembuatannya cukup simpel!

Kata siapa membuat tongseng itu sulit? Tongseng ati ampela ini dibuatnya cukup sederhana. Pertama, tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, bersama dengan sereh hingga bumbunya matang.

Setelah itu, baru tambahkan air yang sudah disediakan, kembali masak bahan hingga jadi mendidih. Lanjutkan dengan memasukkan ati ampela serta kecap.

Kemudian, masak seluruh bahan tadi hingga bumbunya benar-benar menyerap pada ati ampela dan air cukup menyusut. Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan kol serta tomat dalam tongseng, masak kembali hingga sayuran yang ada jadi layu. Barulah diangkat.

Langsung sajikan tongseng yang telah matang dipiring saji. Akan lebih nikmat jika tongseng ati ampela ini disantap bersama nasi hangat dan kerupuk.

Tidak hanya jadi menu makan malam, tapi tongseng satu ini juga cocok untuk dijadikan menu makan siang bersama keluarga di rumah.

Nah, mudah bukan memasak resep tongseng ati ampela di atas? Selamat berkreasi di Hari Raya dengan sanak saudara ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait