Nikmatnya, Tumis Genjer Oncom ala Restoran Sunda

TandaseruMenu masakan sunda dengan bumbu sederhana selalu berhasil menambah selera makan penikmatnya. Salah satu masakan yang populer adalah resep tumis genjer oncom.

Genjer sendiri merupakan sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal.

Sayuran ini sering diolah sebagai tumisan yang dipadukan dengan oncom, cabai rawit serta berbagai bumbu sederhana agar terasa sedap.

Terdapat kandungan vitamin A, B1, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi dan mineralnya ini dipercaya membantu tubuh tetap bugar.

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati masakan ini di rumah, bisa banget loh! Langsung buat saja yuk, simak resep masakan tumis genjer yang akan Tandaseru.id bagikan.

Bahan-bahan resep tumis genjer oncom

Bahan utama yang perlu Anda siapkan yaitu, 500 gram genjer berikut bunganya, dan 2 cm lengkuas, memarkan.

Kemudian 2 lembar daun salam, 10 buah cabai rawit merah, memarkan, 1 potong (150 g) oncom merah, 3 sdm air, 1 sdt gula pasir, dan 3 sdm minyak goreng.

Bumbu halus tumis genjer oncom terdiri dari 3 buah cabai merah, 10 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdt terasi dan 1 sdt garam.

Cara memasak tumis genjer oncom

Tahap awal yang harus dilakukan adalag membersihkan genjer dan ambil bunganya. Kemudian potong batang dengan ukuran 4 cm dan rebus sebentar dalam air mendidih, lalu tiriskan.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bumbu halus, masukkan lengkuas dan daun salam. Aduk-aduk sampai baunya harum, kemudian masukkan cabai rawit.

Setelah itu, remas oncom merah kasar-kasar dan masukkan ke dalam wajan, lalu aduk-aduk kembali. Jika sudah, tuangi air, dan tambahkan gula, lalu aduk lagi hingga semua bahan rata kembali.

Masukkan genjer, masak hingga genjer layu dan seluruh bahan matang serta cairannya agak mengering, angkat. Pindahkan tumis genjer ke dalam piring saji, hidangkan.

Bagaimana, resep tumis genjer oncom diatas sangat mudah untuk Anda ikuti kan? Dijamin keluarga di rumah suka dengan masakan sederhana ini, selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait