Suka Tantangan? Coba Masak Tumis Usus Ayam Pedas ini

Tandaseru – Para penikmat pedas pasti akan suka masakan satu ini, resep tumis usus ayam ini bisa jadi pilihan menantang untuk berbuka puasa!

Sebelum menyantap tumis usus ini, Anda harus mengonsumsi air dan takjil terlebih dahulu agar pencernaan Anda tidak “kaget” saat mengonsumsi makanan yang pedas.

Jadi sebenarnya bukan tidak boleh makan pedas, hanya saja perut Anda perlu dipersiapkan dahulu setelah seharian berpuasa. Cara memasaknya pun sederhana jadi sangat cepat membuatnya.

Bahan untuk resep tumis usus ayam!

Persiapkan bahan utamanya berupa 500 gr usus ayam, 1 buah jeruk nipis dan 1 sdt garam. Lalu untuk bumbu halusnya siapkan 3 siung bawang putih dan 2 siung bawang merah

Lalu 1 sdt ketumbar, 1 cm jahe, 5 buah cabai rawit dan 4 buah cabai merah keriting. Sedangkan untuk bahan bumbu lainnya siapkan 3 lembar daun jeruk dan 1 lembar daun salam

Kemudian 1/2 ruas lengkuas yang telah dimemarkan, garam dan gula secukupnya serta minyak untuk memasak secukupnya.

Ilustrasi

Langkah memasaknya tidak sulit!

Pertama, rendam dahulu usus dalam perasan jeruk nipis yang dicampur dengan garam. Biarkan usus tersebut selama 15 menit agar amisnya hilang. Baru bilas menggunakan air bersih.

Setelah direndam dan dibersihkan, goreng sejenak usus tersebut sampai matang dan tiriskan. Selanjutnya, tumis bumbu halus yang sudah disediakan sebelumnya hingga harum.

Kemudian, masukkan daun jeruk, salam beserta lengkuas, tumis kembali sampai semua bumbunya matang sempurna.

Jika sudah, baru masukkan usus dan juga sedikit air. Lalu tambahkan garam serta gula secukupnya, pastikan rasanya pas karena Anda tidak bisa mencicipinya karena sedang berpuasa.

Setelah itu, masak seluruh tumis usus sampai airnya habis dan tumisan beraroma sedap. Angkat usus tersebut dan sajikan.

Sangat mudah membuat resep tumis usus ayam tersebut, nikmati dengan nasi hangat saat berbuka nanti, pasti lezat!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait